Beberapa jet tempur China melanggar ADIZ Taiwan untuk hari kedua

Jet tempur PLAAF SU-30. (Foto Wikimedia Commons)

TAIPEI - Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan (MND) mengumumkan pada Kamis (10/9) bahwa beberapa pesawat Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLAAF) menembus Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Taiwan, untuk hari kedua berturut-turut.

Menurut MND, beberapa pesawat PLAAF, termasuk jet tempur Sukhoi-30 (Su-30) dan pesawat angkut Shaanxi Y-8, melanggar ADIZ Taiwan pada Kamis pagi. MND mengatakan bahwa pesawat tersebut menerbangkan beberapa serangan ke ADIZ Taiwan dan Angkatan Udara menanggapi dengan pesawat tempurnya sendiri untuk memantau dan mencegat pesawat musuh.


MND menekankan bahwa intelijen, pengawasan, dan pengintaian bersama militer dapat langsung menilai disposisi musuh dan menyesuaikan kesiapan tempur berdasarkan situasi. Kementerian kembali menyerukan kepada Partai Komunis China (PKC) "untuk tidak berulang kali merusak status quo perdamaian dan stabilitas regional dan untuk membangkitkan kebencian rakyat Taiwan."

Sebaliknya, PKT "harus berperan aktif sebagai pembawa perdamaian regional," desak MND. Insiden terbaru mengikuti serangan beberapa Su-30 dan Chengdu J-10 ke ADIZ Taiwan selama pengujian rudal pada Rabu (9 September).


Sumber : taiwan news

No comments

Powered by Blogger.