Bolehkah Konsumsi Suplemen Setiap Hari? Ini Saran Pakar


Di tengah pandemi COVID-19, imunitas tubuh yang kuat sangat dibutuhkan agar mencegah terjadinya penularan virus tersebut. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin.

Tingginya harga serta kelangkaan vitamin kerap menjadi keluhan masyarakat di tengah pandemi. Belum lagi, membeli langsung ke apotek tentu memicu keramaian sehingga berisiko tertular COVID-19 atau virus lain. Merespons hal itu, dihadirkan layanan e-commerce di segmen produk kesehatan dan kecantikan VitaminDiskon. 

"VitaminDiskon mempermudah pengguna mendapatkan Vitamin untuk produk kesehatan tubuh (healthcare), personal care (perawatan diri) dan produk kecantikan mulai dari merek yang populer di tengah masyarakat, hingga produk impor berkualitas premium,“ kata Roy Rusli selaku CEO di head office Vitamindiskon.

Ketua International Society of Pharmacovigilance (ISoP) Indonesia dr. Jarir At Thobari menambahkan bahwa fungsi utama dari suplemen memang untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit. Namun, hal tersebut harus diimbangi dengan nutrisi yang tepat sehingga kesehatan tubuh dapat berfungsi maksimal.

"Sejenis vitamin atau suplemen, fungsinya untuk jaga kondisi tubuh atau menjaga tubuh agar cegah suatu penyakit. Namun diimbangi konsumsi nutrisi yang baik juga," tuturnya dalam acara virtual media, Patient Safety Day, Kamis 17 September 2020.

Perlu dipahami bahwa suplemen bisa memiliki efek samping karena di dalamnya tetap ada zat kimia yang ditambahkan dalam proses pembuatan. Unsur zat kimia itu yang menjadi pertimbangan agar suplemen bisa dikonsumsi sesuai kebutuhan saja dan bukan setiap hari.

Disarankan mengonsumsinya hanya sesekali saat dibutuhkan ketika tubuh dirasa sedang kekurangan nutrisi. Selain itu, imbangi dengan olahraga serta istirahat yang cukup dan kebutuhan cairan tepat.


Sumber : viva.co.id

No comments

Powered by Blogger.