China menggunakan hukuman kolektif untuk membungkam para pembangkang

Keluarga pengkritik pemerintah dianiaya oleh PKC dan pemimpin pemerintah provinsi

Wang Liqin menyerukan pembebasan suaminya. (維權 網 foto; Twitter, @ 0530Wlq foto)

TAIWAN - Otoritas lokal Tiongkok saling mengalahkan dalam sebuah kompetisi untuk membuktikan siapa yang paling setia kepada Partai Komunis Tiongkok (PKT), menahan para pembangkang dan menempatkan anggota keluarga mereka di bawah pengawasan ketat.

Pada 24 Juli, Wang Liqin (王利芹), istri penyair Tiongkok Wang Cang (王 藏), ditangkap oleh polisi Provinsi Yunnan setelah dia memperhatikan penderitaan suaminya secara online. Dia telah ditahan pada bulan Mei karena "menghasut subversi kekuasaan negara."

Pasca penangkapan, polisi terus mencermati keluarga tersebut, termasuk keempat anaknya yang kini diasuh sang nenek. Pada Rabu (9 September), adik perempuan Wang Liqin menghilang setelah dipanggil oleh polisi.

Adik perempuan itu telah mengungkapkan bagaimana pihak berwenang setempat memperlakukan saudara perempuan dan keluarganya, yang mendapat banyak perhatian publik, lapor RFA. Dikatakan bahwa hilangnya dia menunjukkan pihak berwenang setempat ingin memastikan media tentang Wangs ditutup.


Wang Cang mulai menulis puisi dan menerbitkannya di internet menggunakan nama pena "Pangeran Kecil", pada tahun 2003. Ia juga merupakan kritikus yang gigih terhadap pemerintahan otoriter.

Antara 2014-2015, dia ditahan dan dilaporkan disiksa selama sembilan bulan di Beijing karena dukungannya untuk "Revolusi Payung" Hong Kong, sarjana Uyghur Jlham Tohti, serta mengkritik Revolusi Kebudayaan.

Aktivis hak asasi manusia yang berbasis di Beijing Hu Jia (胡佳) mengatakan hukuman kolektif semacam ini menunjukkan bagaimana pemerintah daerah menangani para pembangkang.

"Provinsi China bersaing untuk melihat mana yang memiliki cara terbaru dan paling efektif untuk menjaga keamanan nasional. Mereka menangkap siapa pun yang menentang pemerintah, serta anggota keluarga yang memilih untuk bersuara," kata Hu kepada RFA.
Keluarga penyair Wang Cang mengungkapkan penahanan ilegalnya oleh polisi Yunnan.

Sumber : taiwan news

No comments

Powered by Blogger.