Curhat Mahasiswi Rantau di Taiwan, Tetap Kuliah di Tengah Pandemi Corona




PANDEMI virus corona Covid-19 memiliki dampak yang besar dalam dunia pendidikan. Sebagian besar sekolah maupun perguruan tinggi di Indonesia memilih untuk membuka kelas online.

Beda negara beda juga situasi. Di Taiwan misalnya, meskipun masih menghadapi pandemi corona Covid-19, mahasiswa yang kuliah di sana melakukan aktivitas seperti biasa. Mereka kuliah di kampus dan tentunya ada protokol kesehatan yang harus diterapkan.

Mahasiswi asal Indonesia di International Management (IIMBA) National Cheng Kung University, Talitha Edrea, misalnya. Saat ini Talitha masih menjalani studi di kampusnya secara normal di tengah pandemi virus corona Covid-19.

‭“‬Ada beberapa fakultas yang menerapkan sistem kuliah online via Zoom, Google meet, Cisco dan Webex. Untuk fakultas saya kuliahnya tetap tatap muka hingga saat ini. Cuma sebelum masuk harus melakukan protokol kesehatan dan physical distancing,” terang Talitha, saat dihubungi Okezone, Jumat 5 Juni 2020.

Meski masih melanjutkan mata kuliah secara normal, namun Talitha mengatakan bahwa kegiatan ekstrakulikuler di kampusnya untuk sementara masih dibatasi. Seperti diketahui, Taiwan merupakan wilayah yang dekat dengan episentrum penyebaran Covid-19 pertama di dunia.

Nah, agar nyaman dan aman beraktivitas, Talitha pun membagikan pengalamanya dalam upaya mencegah penularan virus. “Yang pasti makan-makanan yang bergizi, biar daya tahan tubuhnya kuat‭, Pola Hidup Bersih dan Sehat (‬PHBS) dan pakai masker‭. ‬Taat terhadap aturan‭ yang diberikan pemerintah serta ber‬olahraga di indekos‭. ‬Keluar kalau perlu saja,” kata dia.

Perlu diketahui, saat ini Ministry of Health and Welfare Taiwan menyatakan bahwa negaranya sudah mencapai 54 hari tanpa transmisi lokal virus corona Covid -19 atau dikenal dengan zero cases. Sehingga masyarakat di sana bisa beraktivitas di luar rumah, dengan catatan harus menjaga kebersihan diri dan physical distancing. (dwk) 


Sumber :

No comments

Powered by Blogger.