Ekspor Taiwan pada bulan Agustus tumbuh sebesar 13,6%

Permintaan global untuk produk-produk kelas atas mendorong perekonomian Taiwan

(Facebook, foto Pelabuhan Kaohsiung)

TAIPEI - Ekspor Taiwan pada bulan Agustus mencapai US $ 45,5 miliar, naik selama enam bulan berturut-turut dan mewakili pertumbuhan tahunan sebesar 13,6 persen.

Agustus adalah bulan dengan pertumbuhan terbesar sejak Februari 2018, kata Huang Yu-ling (黃 于 玲), direktur Departemen Statistik (DOS) Kementerian Ekonomi. Performa yang luar biasa dapat dikaitkan dengan permintaan yang tinggi untuk produk semikonduktor kelas atas dan barang-barang terkait teknologi jarak jauh.

Ekspor untuk produk elektronik dan TIK tumbuh dari tahun ke tahun masing-masing sebesar 28,2 dan 26,4 persen, sementara ekspor mesin dan peralatan optik masing-masing meningkat 7 dan 5,4 persen. Permintaan barang di industri tradisional seperti plastik dan bahan kimia masih lesu tetapi diperkirakan akan meningkat seiring dengan aktivitas ekonomi yang kembali secara global.

Tiga pasar ekspor terbesar untuk Taiwan pada Agustus adalah AS (US $ 13,7 miliar), China (US $ 12,9 miliar), dan Eropa (US $ 8,1 miliar).


Peningkatan permintaan produk TIK dan elektronik dapat diantisipasi pada paruh kedua tahun ini dengan peluncuran elektronik konsumen dan permintaan berkelanjutan yang didorong oleh ekonomi tinggal di rumah. Namun demikian, pandemi COVID-19 yang merajalela dan perang teknologi AS-China masih dapat membebani pesanan ekspor, menurut DOS.


Sumber : taiwan news

No comments

Powered by Blogger.