Enam orang Filipina dinyatakan positif virus corona setelah kembali dari Taiwan

Enam pekerja migran bekerja sebagai pengasuh rumah tangga, karyawan pabrik, pekerja perikanan di Taiwan

Pengujian virus Corona di Filipina (foto AP)

TAIPEI - Pusat Komando Epidemi Pusat (CECC) Taiwan pada Rabu (16 September) mengumumkan bahwa enam warga Filipina dinyatakan positif mengidap virus corona setelah kembali dari Taiwan.

Selama konferensi pers mingguannya pada Rabu sore, Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan dan kepala CECC Chen Shih-chung (陳 時 中) menyatakan bahwa enam warga negara Filipina telah dites positif COVID-19 setelah kembali dari Taiwan. Taiwan diberitahu tentang empat kasus melalui Focal Point IHR Nasional Organisasi Kesehatan Dunia Filipina, sementara dua lainnya dilaporkan ke CECC oleh perusahaan Taiwan.

CECC menunjukkan bahwa setelah menerima informasi tersebut, segera dilakukan penyelidikan.

Keenam kasus tersebut adalah pekerja migran. Mereka termasuk lima wanita dan satu pria dengan rentang usia antara 20-an dan 40-an.

Selama di Taiwan, mereka bekerja sebagai pengasuh rumah tangga, karyawan pabrik, dan pekerja perikanan. Mereka meninggalkan Taiwan antara 28 Agustus dan 11 September.

Semuanya dinyatakan positif virus corona pada hari mereka tiba di Filipina. Menurut penyelidikan awal, hanya satu kasus yang menunjukkan demam saat masuk, sedangkan sisanya tanpa gejala.

CECC untuk sementara membuat daftar 113 orang yang baru-baru ini melakukan kontak dengan enam orang tersebut saat mereka masih di Taiwan. Ini termasuk majikan, kolega, dan teman.


Sejauh ini, 79 dari 113 telah diuji untuk virus corona, 23 di antaranya telah menerima hasil negatif dari polymerase chain reaction (PCR) dan tes antibodi. Sembilan masih menunggu hasil, dan sisanya belum menjalani pengujian.

Sampai saat ini, tidak ada satupun yang bersentuhan dengan keenam kasus tersebut yang menunjukkan gejala penyakit. CECC berjanji akan terus menyelidiki pergerakan orang-orang Filipina selama mereka masih di negara itu dan mencari orang-orang tambahan yang baru-baru ini melakukan kontak dengan mereka.

CECC juga mengatakan akan menjaga komunikasi yang erat dengan mitranya di Filipina.




Sumber : taiwan news

No comments

Powered by Blogger.