Forum China-Taiwan berubah menjadi urusan sepihak

Hanya pandangan politik yang disetujui China yang diizinkan masuk dalam agenda forum

Anggota Politbiro Partai Komunis China Wang Yang di forum lintas selat sebelumnya (foto CNA)

TAIPEI - Ketika lusinan pesawat tempur Tiongkok masuk ke Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Taiwan, para pemimpin komunis dan sekelompok kecil orang Taiwan berbicara di kota Xiamen tentang hubungan antara kedua sisi Selat Taiwan, CNA melaporkan .

Perselingkuhannya lebih tenang daripada sebelumnya, dengan pandemi virus korona Wuhan (COVID-19) membuat orang-orang tetap di rumah, dan bahkan oposisi utama Taiwan Kuomintang (KMT) menjauh karena komentar yang menghina oleh pembawa acara televisi China.

Bahkan seharusnya pembawa acara, Wang Yang (汪洋), ketua Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China, hanya berpidato di pertemuan 16 September melalui konferensi video.

Sementara para pejabat menekankan bahwa forum adalah acara akar rumput yang mengandalkan warga negara, prasyaratnya murni politis, dengan pandangan China tentang status Taiwan sebagai prasyarat. Sejak pidato pembukaan, pidato-pidato tersebut menekankan persatuan dan mengutuk kemerdekaan Taiwan, CNA melaporkan.


Forum tersebut tidak memberikan ruang apa pun untuk diskusi urusan lintas selat dari sudut pandang Taiwan, dengan topik seperti perilaku militer agresif oleh China atau hak asasi manusia yang dijauhkan dari agendanya.

Boikot Tiongkok terhadap pulau itu, seperti penolakannya untuk mengizinkan kelompok turis Tiongkok berkunjung atau mengirim delegasi ke Penghargaan Kuda Emas, bertentangan dengan deskripsi forum tentang Taiwan dan Tiongkok sebagai "satu keluarga," jadi mereka tidak diizinkan untuk dibahas, CNA mencatat.


Sumber : taiwan news

No comments

Powered by Blogger.