Ingin Lepas Masker saat Kencan. Wajib Perhatikan 3 Hal Berikut Ini



 Semua orang wajib mengenakan masker saat bepergian untuk mencegah penyebaran virus corona covid-19. Protokol kesehatan pun tetap berlaku saat kita kencan dengan pasangan tercinta.

Hanya saja, setelah sekian lama tidak berjumpa, tentu rasanya ingin melihat wajah kekasih secara langsung. Namun, kira-kira apa saja yang mesti diperhatikan untuk memperkecil risiko penyebaran virus?

Melansir Elite Daily, para ahli mengatakan hal itu tergantung situasinya. Setidaknya ada tiga hal yang jadi perhatian, yakni dengan siapa Anda tinggal, apakah salah satu kalian mengalami gangguan kekebalan, serta ke mana Anda akan pergi berkencan.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), masker kain adalah salah satu senjata paling ampuh yang kita miliki untuk memperlambat dan menghentikan penyebaran virus.

CDC selalu merekomendasikan pemakaian masker di tempat umum dan saat berada di sekitar siapapun yang tidak tinggal serumah dengan kita.

"Saya selalu mengatakan hal yang terbaik adalah berasumsi bahwa Anda memilikinya dan bahwa Anda harus melindungi orang lain serta menganggap semua orang memilikinya dan Anda perlu melindungi diri sendiri," kata ilmuwan perawat klinis, Shanina Knighton.

Soal melepas masker saat kencan, Knighton menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, jika Anda atau teman kencan mengalami masalah yang berkaitan dengan kekebalan tubuh, termasuk kondisi orang-orang yang serumah dengan Anda maupun dia, artinya terlalu berisiko untuk melepas masker.

Penting juga untuk memahami gaya hidup teman kencan Anda. Seberapa waspada dirinya saat mencuci tangan? Apakah dia menerapkan jarak sosial? Apakah pekerjaannya melibatkan interaksi dengan orang-orang sepanjang hari?

Walau bakal canggung, memang ada baiknya mengetahui berbagai kebiasaannya di tengah pandemi saat ini. Setidaknya, Anda jadi tahu apakah kalian berdua memiliki cara pandang yang sama tentang Covid-19.

Berikutnya, perhatikan situasi dan kondisi lokasi kencan. Hingga kini, para ahli setuju jika risiko penularan virus di luar ruangan lebih kecil. Jadi, bisa dibilang lebih baik jalan-jalan atau piknik di taman dari pada makan bareng di dalam restoran.

Jika ingin makan bersama, Knighton menyarankan untuk selalu memilih tempat duduk di luar ruangan jika memungkinkan, terutama karena Anda harus melepas masker saat makan dan minum.

Peneliti senior di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, Amesh Adalja, juga memiliki pendapat senada.

Bagaimana pun, jangan sampai pertemuan Anda dengan pasangan berakhir menjadi sesuatu yang disesali di kemudian hari gara-gara mengabaikan protokol kesehatan.

"Tidak ada aturan khusus yang benar-benar dapat Anda ikuti selain jika Anda sakit, jangan melepasnya," tegas dia.


Sumber : suara

No comments

Powered by Blogger.