Ini Penyebab Komodo di Labuan Bajo Terpisah Hingga di 5 Pulau


 

Komodo merupakan hewan asli Indonesia yang keberadaannya hanya bisa ditemui di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur. Terutama di Pulau Komodo yang jadi destinasi utama sekaligus rumah terbesar bagi hewan reptil tersebut.

Namun, spesies kadal terbesar itu juga menghuni empat pulau lain di Labuan Bajo. Yakni, pulau Rinca, Gili Motang, Nusa Kode, dan Bukit Padar. Hanya saja jumlah komodo di setiap pulau berbeda-beda.

"Paling banyak habitatnya di Pulau Komodo, kedua di Pulau Rinca," kata pemandu wisata di pulau Rinca Benedicus saat menjelaskan kepada pengunjung, Minggu (14/8/2020).

Ia menjelaskan bahwa penyebaran komodo itu telah terjadi sangat lama dan diakibatkan karena adanya pergeseran lempeng bumi. Oleh sebab itu, terpisahnya komodo tersebut sebenarnya terjadi secara alami.

"Ribuan tahun lalu, kami satu daratan antara pulau lain dalam satu kawasan. Karena pergeseran lempengan bumi, ada yang berpisah. Akhirnya komodo itu ada di lima pulau," jelasnya.

Meski demikian, menurut Benedicus, terkadang komodo bisa berpindah sendiri dari pulau Rinca ke Bukit Padar atau sebaliknya. Sebab jarak antar keduanya hanya dipisahkan dengan teluk.

"(Komodo bisa berenang hingga) 500 meter mungkin. Tapi itu tidak akan bertahan lama di suhu rendah karena itu bisa menyebabkan makanan di dalam tubuh mereka membusuk," jelasnya.


Sumber : suara

No comments

Powered by Blogger.