Kapal nelayan Taiwan tertabrak kapal Jepang di dekat Kepulauan Diaoyutai

Penjaga pantai Jepang menuduh kapal Taiwan beroperasi secara ilegal di dekat perairan yang disengketakan

Kapal patroli Jepang diduga melakukan kontak dengan kapal nelayan Taiwan. (Foto Penjaga Pantai Jepang)

Menurut UDN, kapal penangkap ikan Taiwan, "Hsin Ling Po 236," bertabrakan dengan kapal Penjaga Pantai Jepang tidak lama setelah jam 2 siang. Minggu, mengakibatkan sedikit kerusakan pada sisi kanannya. Namun, tidak ada korban luka yang dilaporkan di kedua kapal tersebut.

Penjaga pantai Jepang mengatakan tabrakan terjadi ketika kapal penangkap ikan bergerak di samping kapal patrolinya setelah diperintahkan untuk meninggalkan daerah tersebut. Ditambahkan bahwa kapal Taiwan telah memasuki perairan teritorial Jepang tanpa izin.

Sementara itu, kapten kapal Taiwan Chen Chi-H incred (陳吉雄) menegaskan bahwa kapalnya tidak memasuki perairan sengketa seperti yang disarankan Jepang. Dia mengatakan alat tangkap awak tersapu ke arah Kepulauan Diaoyutai oleh arus yang kuat, dan Jepang secara tak terduga melakukan kontak fisik dengan perahu mereka dan terus mengejar mereka setelah itu.

Chen juga mengatakan Penjaga Pantai Jepang telah berusaha untuk naik ke kapal mereka tetapi menyerah setelah negosiasi selama satu jam. Dia mendesak pemerintah Taiwan untuk menyelidiki insiden itu dan membela para nelayan di negara itu, lapor Liberty Times.


Selama sesi tanya jawab di Legislatif Yuan pada hari Senin (28 September), Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu (吳 釗 燮) menunjukkan bahwa kapal penangkap ikan telah dikawal dengan aman kembali ke pelabuhan di Kabupaten Yilan. Dia mengatakan pemerintah Taiwan telah menghubungi Tokyo mengenai insiden itu, dan penyelidikan sedang dilakukan untuk menentukan siapa yang bertanggung jawab, lapor CNA.

Perdana Menteri Taiwan Su Tseng-chang (蘇貞昌) juga mengatakan pemerintah tidak akan mentolerir "perilaku yang tidak pantas" terhadap kapal penangkap ikan negara itu. Dia mengatakan pemerintah akan meminta Jepang untuk menangani kasus ini dan memastikan keamanan maritim di dekat Kepulauan Diaoyutai, lapor ETtoday.

Dikelilingi oleh tempat penangkapan ikan yang kaya, Kepulauan Diaoyutai terletak sekitar 200 kilometer barat daya Okinawa dan jarak yang sama di timur laut Taiwan. Mereka telah diperdebatkan oleh Jepang dan Taiwan sejak tahun 1970-an, sementara Beijing mendasarkan klaimnya dengan alasan bahwa mereka memandang Taiwan sebagai provinsi lepas pantai..
(Jz)

Sumber : taiwan news

No comments

Powered by Blogger.