Kapal pengintai militer China muncul di timur Taiwan

Kapal Angkatan Laut China di Pasifik (foto AP)

TAIPEI - Sebuah kapal pengintai angkatan laut China muncul di Pasifik timur Kabupaten Hualien, ketika tiga kapal Angkatan Laut Amerika Serikat lewat di dekat Pulau Anggrek lebih jauh ke pantai timur Taiwan, laporan mengatakan Jumat (11 September).

Pergerakan angkatan laut terbaru datang kurang dari sehari setelah Kementerian Pertahanan Nasional menyatakan ketidaksenangannya tentang perilaku agresif dari militer China selama dua hari terakhir. Ini termasuk banyak serangan pesawat tempur ke Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Taiwan.

Pada jam 4 sore. Kamis (10 September), sebuah kapal "penelitian kelautan" China berlayar dari utara ke selatan melewati Hualien, hanya 40 mil laut (74 kilometer) dari pantai Taiwan, CNA melaporkan. Pada Jumat pagi, kapal itu telah bergerak sejauh 90 mil laut dari pantai, dan berlayar perlahan ke selatan.


Jenis kapal tersebut sering digunakan oleh Tiongkok untuk mendekati Selat Bashi yang memisahkan Filipina dari Taiwan dan untuk mengumpulkan informasi militer tentang pergerakan di daerah selatan dan timur pulau itu, sumber militer mengatakan kepada CNA.

Pada 7 September, tiga kapal serbu amfibi AS berlayar 51 mil laut di timur Pulau Anggrek Kabupaten Taitung ke arah utara sebelum meninggalkan daerah tersebut. Dalam setiap kasus, militer mengatakan bahwa mereka sepenuhnya menyadari semua pergerakan di sekitar Taiwan, baik di laut maupun di udara.


Sumber : taiwan news

No comments

Powered by Blogger.