Kenapa Orang Sering Jual Mahal saat Pendekatan dengan Calon Pasangan


Proses pendekatan atau PDKT dengan calon pasangan sangat menentukan sebuah hubungan. Banyak orang yang menggunakan strategi jual mahal untuk mendapatkan orang yang disuka. Meski tak selalu berhasil, nyatanya trik ini paling banyak digunakan.

Seseorang dikatakan jual mahal apabila ia sengaja menahan atau menutupinya ketertarikannya pada gebetan. Kenapa harus jual mahal?

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Social and Personal Relationship mengungkapkan bahwa semakin sulit seseorang didekati, orang yang menyukainya justru merasa tertantang dan penasaran dengan orang tersebut.

Dalam studi ini, peneliti membuat beberapa percobaan yang berkelanjutan. Para partisipan diberitahu bahwa mereka sedang berbicara dengan lawan jenis. Padahal, kenyataannya mereka sedang berbicara dengan anggota tim peneliti.

Peserta diminta untuk menjelaskan seberapa sulit mendapatkan orang yang diajak bicara untuk menjadi seseorang spesial. Mereka juga ditanya mengenai seberapa besar peserta ingin melakukan kegiatan seksual dengan lawan bicaranya.

Hasilnya pun ternyata cukup menarik. Pertama, peserta yang berbicara dengan profil lawan bicara yang sulit didapat alias jual mahal justru lebih menginginkan orang tersebut. Peserta dalam kelompok itu juga menilai lawan bicaranya lebih menarik secara seksual walaupun harus berusaha lebih keras untuk mendapatkan perhatian.

Selain itu, alasan seseorang melakukan strategi jual mahal adalah karena ingin mengetes apakah orang yang mendekatinya benar-benar menginginkannya dan berniat melanjutkan suatu hubungan yang didasari dengan komitmen atau tidak.

Kadang-kadang sulit membedakan orang yang sedang menjalani strategi ini dengan orang yang benar-benar tidak tertarik. Agar tak salah, kenali beberapa ciri atau tanda orang jual mahal saat PDKT.

- Bersikap percaya diri, tetapi membatasi keterbukaan diri dan tidak mengungkapkan perasaannya

- Berbicara, menggoda, bahkan berkencan lebih dari satu orang lawan jenis untuk membuat Si Dia merasa cemburu

- Memberikan kontak fisik yang tidak disengaja, tetapi bersifat terbatas agar Si Dia lebih memahami dan semakin maju mendekati

- Bersikap ramah, suka menggoda, mengejek, tetapi sering memperlihatkan sifat sarkasme

- Membuat Si Dia berusaha untuk mengejarnya

- Sibuk dan memprioritaskan hal lain sehingga Si Dia menjadi lebih aktif mencari-cari Anda

- Melakukan tarik ulur pada lawan bicara, menggoda tetapi hilang kemudian

- Kadang menanggapi lawan bicara, seperti membalas pesan teks atau telepon, kadang tidak sama sekali

Sikap jual mahal ini tak hanya dilakukan oleh perempuan, laki-laki pun banyak yang menerapkannya. Namun strategi ini tak selalu berhasil. Ada calon pasangan benar-benar penasaran dan semakin tertarik untuk menjalin hubungan, namun taktik sok jual mahal saat PDKT kadang-kadang dapat membuat calon pasangan semakin menjauh.


 

Sumber : tempo

No comments

Powered by Blogger.