Mengunjungi 7 Tempat Wisata Religi di Jakarta Timur, Pernah ke Sana


MASIH banyak potensi wisata yang mungkin masih sedikit yang kita tahu di wilayah DKI Jakarta. Jakarta Timur misalnya sebagai Kawasan yang mempunyai potensi wisata yang beragam dengan keunikannya.

Banyak destinasi wisata di wilayah ini yang unik di Jakarta Timur. Salah satunya wisata religi dan ziarah.

Berikut kami rangkum ulasan tempat wisata religi di Jakarta Timur, dilansir dari situs resmi Sudin Disparekraf Jakarta Timur. Simak yuk!

Makam Pangeran Jayakarta

Pangeran Jayakarta adalah seorang penguasa Kota Jayakarta pada 1602-1619, sebagai wakil dari Kesultanan Banten. Makam ini terletak di Jl Jatinegara Kaum No 49, kota Jakarta Timur

Makam Pangeran Sang Hyang

Pangeran Sang Hyang atau dikenal dengan Raden Syanif bin Pangeran Senapati Ngalaga merupakan tokoh agama keturunan Banten, yang aktif pula berjuang mengusir penjajah Belanda Bersama tokoh lainnya, seperti Tubagus Badarudin. Makam ini terletak di Jl Jatinegara Kaum No 55 kota Jakarta Timur.

Makam Pangeran Syarif Datuk Banjir

Datuk Banjir atau orang lebih mengenal Pangeran Syarif Hidayatullah bin Syaikh Abdurrahman, merupakan seorang penyebar dakwah Islam di Tanah Jayakarta. Nama Lubang Buaya konon disematkan oleh salah satu sesepuh kampung, sekaligus orang sakti bernama Datuk Banjir. Makam ini terletak di Jl Kramat P Syarif No 3, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Masjid Jami Assalafiyah

Masjid ini menjadi saksi bisu perjuangan Pangeran Jayakarta IV atau Achmed Jakerta. Masjid ini sudah berdiri sejak tahun 1620. bahkan Masjid Jami Assalafiyah menjadi salah satu masjid tertua di Jakarta. Dulunya rumah ibadah ini menjadi tempat Pangeran Jayakarta berjuang melawan VOC. Masjid ini terletak di Jalan Jatinegara Kaum, Kota Jakarta Timur.

Gereja Koinoia

Komplek Gereja yang berada di ujung Jalan Matraman ini merupakan gereja pertama di Kawasan Timur Batavia. Terjadinya saat Meester Cornelis Senen membuka pos pelayanan Bahasa Melayu di kawasan ini tahun 1656-1661. Gereja ini beralamatkan di Jl Matraman Raya No 216 Jakarta Timur

Pura Aditya Jaya Rawamangun

Keberadaan Pura Aditya Jaya Rawamangun tidak terlepas dari sejarah perjuangan umat Hindu DKI Jakarta, yang menginginkan tempat persembahyangan bagi umat Hindu DKI Jakarta. Dirintis sejak 10950-an oleh Yayasan Pitha Maha. Pura ini terletak di Jalan Daksinapati Raya No 10 Rawamangun, Jakarta Timur.

Vihara Amurva Bhumi

Vihara Amurva Bhumi terletak di Pasar Lama Utara No 35. Bali Mester, Jatinegara kota Jakarta Timur. Gedungnya sangat Instagramble dan selalu ramai saat perayaan Imlek.


 

Sumber : OKEZONE

No comments

Powered by Blogger.