Mona Rudao Pahlawan Inspirasi Suku Aborigin Taiwan

Mona Rudao (tengah) dan dua temannya (sumber: wikipedia.com)

Mona Rudou dikenal sebagai pahlawan inspirasi suku Aborigin di Taiwan. Mona berasal dari Suku Seediq yang dianggap berjasa besar karena berjuang dalam pemberontakan Wushe melawan kolonial Jepang yang saat itu mengokupasi Taiwan.

Kepahlawanan Mona Rudao diabadikan dalam bentuk patung raksasa yang letaknya di atas bukit, di dalam kompleks Atayal Resort. Patung ini bisa dilihat jelas oleh pengunjung yang liburan ke Atayal Resort. Pengunjung juga bisa naik ke atas bukit.

Patung Raksasa Mona Rudao (sumber: detik.com)

Mona Rudao adalah pahlawan bagi suku Aborigin. Dia adalah anak dari Suku Seediq yag hidup pada tahun 1882 hingga 1930 menggantikan peran ayahnya sebagai kepala suku.

Pada tahun 1930, ketika Mona Rudao memimpin suku Seediq untuk melakukan pemberontakan Wushe melawan penjajah Jepang. Mouna berhasil melancarkan serangan dan menewaskan kurang lebih 136 orang Jepang di kota Wushe.

Jepang tidak terima dan melancarkan serangan ke Suku Seediq. Banyak korban berjatuhan. Mona ditangkap oleh tentara Jepang. Tapi dia menolak untuk menyerah dan ditangkap hidup-hidup. Dia memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan pistol.

Kisah kepahwalan Mona Rudao bisa dilihat di film Warrior of the Rainbow: Seediq Bale. Film ini diproduksi pada tahun 2011 dan masuk nominasi Piala Oscar tahun 2011.




Sumber : nihaoindo.com

No comments

Powered by Blogger.