Penunjukan 'China' di Taiwan dikoreksi di situs web koalisi walikota internasional

(Tangkapan layar situs web GCoM)

TAIPEI - Jaringan internasional walikota yang didedikasikan untuk mitigasi perubahan iklim telah memulihkan bagian Taiwan ke nama aslinya setelah secara keliru menyebutnya sebagai "China."

Pada hari Minggu (28 September), Kementerian Luar Negeri Taiwan (MOFA) mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa mereka mengetahui bahwa Kovenan Walikota Global untuk Iklim dan Energi (GCoM) mencantumkan enam kota Taiwan yang termasuk dalam koalisi - Taipei, New Taipei City, Taoyuan, Taichung, Tainan, dan Kaohsiung - di bawah kategori negara "China".

Kementerian tersebut mengatakan telah mengajukan keluhan kepada organisasi tersebut, memintanya untuk mengubah daftar Taiwan kembali ke aslinya "Tionghoa Taipei," nama yang telah diberikan keanggotaan, dan tidak untuk "mengecilkan nama-nama pemerintah daerah yang berpartisipasi" di negara.

MOFA juga mengajukan protes ke sekretariat Pemerintah Lokal untuk Keberlanjutan (ICLEI) - anggota pendiri dan mitra utama GCoM - di Brussel. Atas perintah kementerian, Pemerintah Kota Kaosiung mengirimkan email keprihatinannya kepada Sekretaris Jenderal ICLEI Gino Van Begin.

Pada hari Senin, kementerian mengumumkan bahwa daftar negara untuk kota-kota tersebut telah dikembalikan ke "Chinese Taipei" oleh GCoM, yang menghubungkan kesalahan tersebut dengan "kesalahan teknis." Dikatakan bahwa enam kota telah mengeluarkan pernyataan bersama yang mengancam untuk mundur dari organisasi jika tidak ada koreksi dan berterima kasih kepada aktor terkait yang terlibat dalam menangani masalah tersebut.


Karena kampanye tekanan Tiongkok, Taiwan harus berpartisipasi sebagai Tionghoa Taipei di sejumlah organisasi dan kompetisi internasional, termasuk Olimpiade, Miss World, dan Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik. Pemerintah China juga telah menggunakan pengaruh ekonominya untuk menekan banyak organisasi dan perusahaan agar mencantumkan negara itu sebagai "Taiwan, China".

Sementara GCoM telah memperbarui nama kota Taiwan yang berpartisipasi, nama yang diberikan untuk walikota Taipei dan New Taipei City tidak benar pada saat publikasi.

(GCoM website screenshot)
(Jz)


Sumber : taiwan news

No comments

Powered by Blogger.