Perambahan militer China mengancam perdamaian: kementerian pertahanan Taiwan

Latihan Tentara Pembebasan Rakyat di Laut China Selatan pada hari Rabu memicu ketidakstabilan regional

Wakil Menteri Pertahanan Chang Che-ping. (Foto Kementerian Pertahanan Nasional)

TAIPEI - Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan (MND) mengomentari episode Rabu (9 September) di mana jet tempur China masuk ke Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Taiwan.

Kementerian pertahanan mengatakan pesawat tempur China telah berpartisipasi dalam latihan militer bersama antara angkatan laut dan angkatan udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), yang dimulai Rabu. Beberapa pesawat militer - termasuk jet tempur dan pesawat pengintai dan transportasi - lepas landas dari China dan kemudian memasuki ADIZ Taiwan.


Pejabat militer Taiwan menunjukkan bahwa latihan bersama ini jelas ditujukan untuk mengurangi mobilitas militer Taiwan di ADIZ. Selain itu, itu tidak dipicu oleh kemunculan pesawat pengintai AS baru-baru ini di wilayah tersebut.

MND membantah rumor bahwa PLA telah mengepung Kepulauan Dongsha (Kepulauan Pratas) di Laut Cina Selatan. Sebaliknya, PLA dilaporkan melakukan latihan di perairan utara pulau yang dikendalikan Taiwan.

Kementerian Luar Negeri Taiwan dan kementerian pertahanan sama-sama mengutuk manuver agresif oleh China, dengan mengatakan hal itu mengganggu stabilitas regional. "Beijing harus tahu di mana intinya dan berhenti menjadi pembuat onar," kata Chang Che-Ping (張哲平), wakil menteri MND.


Sumber : taiwan news

No comments

Powered by Blogger.