Pollster membedah proses pengambilan keputusan Tsai dalam membuka Taiwan untuk daging babi AS

You Ying-lung (CNA photo)


You Ying-lung percaya Sekretaris HHS Alex Azar pasti telah membuat tawaran kepada Tsai yang tidak bisa dia tolak

Dalam konferensi pers pada 28 Agustus, Presiden Tsai Ing-wen mengumumkan kebijakan baru membuka pasar Taiwan untuk daging babi AS yang mengandung ractopamine, zat aditif yang mengurangi kandungan lemak dalam daging, dan mengizinkan impor daging sapi dari AS selama 30 bulan. Hal ini mengirimkan gelombang kejut ke seluruh Taiwan dalam keputusan yang tidak diragukan lagi adalah yang paling kontroversial dari masa jabatan kedua Tsai.

Seminggu setelah pengumuman kebijakan tersebut, You Ying-lung (游盈隆), pakar jajak pendapat dan ketua Taiwanese Public Opinion Foundation, mengatakan sekaranglah waktunya untuk memeriksa kegemaran pengambilan keputusan Presiden Tsai.

You mengatakan bahwa Tsai telah mengembangkan dalam dirinya kualitas menjadi seperti singa dan rubah. Dia menduga bahwa satu-satunya alasan Tsai membuat keputusan politik yang bertentangan dengan pola ideologisnya yang biasa adalah karena Alex Azar.

You menebak bahwa Sekretaris Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS) A.S. membawa proposal ke Tsai yang tidak dapat dia tolak. Adapun sifat proposal, tidak ada yang tahu kecuali orang dalam untuk saat ini.

Selama konferensi pers, Tsai mengatakan bahwa membuka pasar daging babi AS tidak ada hubungannya dengan pemilihan presiden AS yang akan datang. Ini tidak masuk akal, menurut You.


“Pengalaman memberi tahu kita bahwa komentar Tsai mengungkapkan apa yang ingin dia sembunyikan,” katanya.

Penjelasan selanjutnya yang dibuat oleh Kabinet adalah pernyataan politik yang dibuat-buat, lanjutnya. Itu adalah campuran antara kebenaran dan kebohongan yang dimaksudkan untuk membuat keputusan kontroversial tersebut terlihat seperti dibuat secara sukarela dan merupakan hasil dari pertimbangan yang panjang.

Menurut You, keputusan itu bertentangan dengan keinginan kolektif rakyat Taiwan.

"Sejujurnya, saya belum melakukan jajak pendapat tentang masalah ini, tetapi menurut pengamatan dan pengalaman saya terkait opini publik Taiwan," katanya, "hasil jajak pendapat akan sangat tidak menguntungkan bagi pemerintah."

Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa mengatakan bahwa setelah keputusan itu mereka melakukan jajak pendapat internal yang mengakibatkan kekacauan. You mengatakan bahwa orang yang mengetahui cara kerja DPP mengetahui bahwa ini adalah metode yang digunakan untuk mendukung kebijakan yang telah ditentukan; dia mencatat bahwa tidak ada rincian tentang jajak pendapat tersebut kecuali hasilnya, dan mengatakan itu adalah praktik yang tidak terhormat untuk membodohi orang.



Barisan selama konferensi pers merupakan indikasi bahwa Presiden Tsai ingin orang lain memikul tanggung jawab atas keputusan bersamanya, kata You. Bertentangan dengan praktik sebelumnya yang membiarkan juru bicara Kantor Kepresidenan mengumumkan keputusan kebijakannya, Presiden Tsai membawa wakil presiden, perdana menteri, dan anggota legislatif DPP bersama-sama ke podium.

Jajak pendapat juga menyatakan bahwa proses pengambilan keputusan terkait dengan pembukaan Taiwan untuk daging babi AS menunjukkan bahwa modus baru oligarki telah dibentuk di arena politik Taiwan.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa karena Tsai dengan tergesa-gesa membuat keputusan untuk mengizinkan impor daging babi AS, tidak ada masukan dari badan legislatif negara tersebut. Dia juga tidak berkonsultasi dengan publik untuk pendapat mereka tentang masalah ini.

Tsai mengkritik pemerintahan Ma Ying-jeou karena membuka Taiwan pada daging sapi AS tanpa proses hukum, tetapi sekarang dia telah membuat kesalahan yang sama, menurut jajak pendapat. Dia menambahkan bahwa betapapun sakralnya kebijakan daging babi AS, ada banyak hal yang patut dikritik dan ditinjau, dan tim yang berkuasa seharusnya meminta masukan dari publik.


Sumber : taiwan news

No comments

Powered by Blogger.