Sederet Tempat Wisata di Penang, Kuliner Lezat hingga Pesona Pantai Eksotis


TRAVELING ke negeri jiran, Malaysia, tak melulu hanya Kuala Lumpur yang memiliki destinasi wisata menarik. Jika ingin menikmati wisata alam seperti pantai dan mencicipi kuliner lezat, Anda bisa mengunjungi Penang.

Pulau Penang atau Pinang adalah sebuah negara bagian Malaysia yang terdiri dari Pulau Pinang dan Seberang Perai.

Dijuluki "Mutiara dari Timur", Penang kesohor dengan pantainya yang berpasir lembut dan dianggap sebagai ibu kota kulinernya Malaysia. Sejumlah tempat wisata menarik di Penang antara lain pantai, shopping center, wisata kuliner dan tentunya masih banyak lagi.

Berikut rangkum sejumlah destinasi menarik di Penang yang perlu Anda jajal, sebagaimana dikutip dari laman The Crazy Tourist.

Batu Ferringhi Beach

Berlokasi di 11 km dari Pusat Kota, George Town, wisatawan yang datang ke Penang dan hendak mencari suasana hangat di tengah hamparan pasir pantai bisa mengunjungi ke Pantai Batu Ferringhi yang dikenal sebagai salah satu area pantai terbaik di Penang. 

Batu Ferringhi Beach

Pengunjung akan disuguhkan pemandangan pantai yang sangat indah dikelilingi laut biru yang dapat memanjakan mata dari berbagai sudutnya. Terlebih, suasana sore hari untuk menikmati sunset menakjubkan di sana jangan sampai dilewatkan.

Fort Cornwallis

Fort Cornwallis adalah salah satu tempat wisata paling terkenal di Penang. Fort Cornwallis atau Benteng Cornwallis ini dibangun oleh British East India Company di bawah arahan Sir Francis Light yang merupakan pendiri Penang dan dirancang untuk mempertahankan kota jika terjadi serangan dari air. 

Di tempat ini, terdapat mitos lokal yang dipercaya penduduk setempat secara turun menurun. Yaitu, siapapun yang ingin hamil harus membuat persembahan di Fort Cornwallis.

Little India

Jika kamu berjalan-jalan di sekitar Little India, pengunjung dapat menemukan toko-toko yang menjual kain sari India berwarna-warni yang cantik, toko parfum dan toko dupa. 

Di Little India Penang ini, wisatawan juga bisa mencicipi kuliner khas India yang dijual bebas. Termasuk kue kering yang digoreng seperti Samosa dan di tempat ini wisatawan akan menemukan salah satu minuman paling terkenal di Malaysia yaitu teh tarik.

Floating Mosque Tanjung Bungah

Biasanya, alasan para wisatawan datang ke Penang adalah untuk mengunjungi Floating Mosque yang berada di Tanjung Bungah. Floating Mosque atau masjid terapung dibangun di atas air. Saat air laut surut, kamu dapat berjalan langsung di bawah masjid dan melihat arsitektur luar biasa yang mengagumkan dari masjid ini.

Penang National Park

Pergi ke Penang, kalau tak mencoba wisata alam yang satu ini kurang seru pastinya. Taman Nasional Penang atau Penang National Park merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi jika kamu ingin menghabiskan waktu di tengah alam. 

Terdapat berbagai jalur yang akan mengantarmu menuju ke pantai-pantai cantik lho okezoners. Ada juga jalur yang membawa kamu ke Pantai Kerachut yang menjadi rumah dari Pusat Konservasi Penyu dan tempat yang bagus ide untuk mengemas piknik serta menghabiskan hari menjelajahi taman. 

Tropical Spice Garden

Salah satu yang menjadi daya tarik Penang apalagi kalau bukan Tropical Spice Garden yang berada di Jalan Teluk Bahang?

Tropical Spice Garden adalah tempat recommended untuk dikunjungi bagi siapapun yang tertarik dengan flora dan fauna Melayu. 

Anda bahkan dapat mengikuti kelas memasak (cooking class) di sini untuk memelajari bagaimana bumbu dan rempah-rempah ini digunakan dalam membuat hidangan klasik yang dinikmati di seluruh Malaysia.

Chulia Street Night Market

Liburan ke Penang, kurang afdhal rasanya jika enggak nyobain kuliner lezat di sini. Penang yang disebut sebagai ibu kota kuliner Malaysia ini terkenal dengan street foodnya yang menakjubkan di Pasar Malam Chulia Street. 

Chulia Street Night Market ini lebih asyik dikunjungi saat malam hari, dan Anda akan menemukan berbagai macam street food yang disajikan saat masih panas oleh penjual makanan kaki lima tersebut. Makanan yang terkenal di Pasar Malam Penang ini adalah hidangan pangsit dan aneka menu mi.

Bukan hanya mi dan pangsit saja, Anda juga bisa mendapatkan kue klasik seperti kue wortel yang sebenarnya merupakan pancake gurih yang dibuat dengan lobak dan suguhan lainnya seperti nasi ayam Hainan.