Siapa Pemuda Bondowoso yang Viral Beri Makan Kucing Liar Setiap Malam



Seorang anak muda milenial di Bondowoso viral tiap malam selalu menyempatkan diri memberi makan kucing-kucing liar di Bondowoso. Seperti apa kisah dan kesehariannya?

Pemuda bernama lengkap Mohamad Erfan (23) itu merupakan warga Desa Koncer Darul Aman, Tenggarang, Bondowoso. Sehari-hari ia bekerja di sebuah kafe yang terletak di bilangan Kelurahan Nangkaan.

"Tiap hari saya memang kerja di kafe ini. Sejak sekitar dua bulan lalu," tutur Erfan, ketika berbincang dengan detikcom di tempat kerjanya, Sabtu (25/9/2020).

Lebih jauh Erfan menerangkan, setiap malam ia memang selalu memberi makan kucing-kucing liar yang ada di lingkungan masjid Al-Mujibin, Kelurahan Tamansari itu. Nyaris tak pernah terputus.

Waktunya pun pasti hampir tengah malam, antara jam 10-12 malam. Sebab, itu dilakukan setelah kafenya tutup. Sambil pulang ke rumahnya, Erfan selalu menyempatkan mampir untuk memberi makan kucing-kucing liar itu.

"Rasanya selalu kayak ada yang kurang, jika misalnya saya kelupaan tak memberi mereka (kucing) makan," tutur putra bungsu dari dua bersaudara ini.

Makanan yang diberikan Erfan ke kucing- kucing liar itu juga bervariasi. Kadang nasi dan ikan laut yang sengaja ia beli. Tak jarang pula cat food atau pakan khusus kucing terbuat dari sari daging, ikan tuna, maupun ikan salmon yang diekstrak.

Untuk memberi makan kucing-kucing itu, Erfan tentu saja harus mengeluarkan anggaran ekstra dari koceknya. Biaya itu dikeluarkannya setiap malam, untuk sekadar beli nasi putih plus daging ikan maupun beli cat food.

"Ya dari gaji jaga kafe itu. Tapi alhamdulillah, selalu saja ada rezeki tak terduga. Mungkin dapat barokahnya kucing-kucing yang saya kasih makan itu," paparnya sembari tertawa.

Seorang jurnalis televisi nasional sempat bermaksud untuk meliput dan memberitakannya. Namun, dengan halus Erfan menolak. Ia berdalih tak mau dipublikasikan lantaran apa yang diperbuatnya itu merupakan hal biasa. Tak perlu dibesar-besarkan maupun diketahui banyak orang.

"Saya takut jadi riya', mas. Karena sebenarnya apa yang saya lakukan ini tak ada yang istimewa. Saya cuma terketuk hati saja. Karena kita kan sesama makhluk ciptaan Allah. Sudah berkewajiban untuk saling membantu," pungkas Erfan merendah, mengakhiri perbincangannya dengan detikcom di tempat kerjanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang pemuda di Bondowoso  viral di media sosial karena tiap malam memberi makan kucing-kucing liar. Tempat pemuda memberi makan kucing liar tersebut di halaman masjid Al-Muhibin, Kelurahan Tamansari, Bondowoso. Tepatnya di Jalan KIS Mangunsarkoro.






Sumber : detik.com

No comments

Powered by Blogger.