Taiwan Dalam Bahaya, China Punya Jet Siluman Pembunuh 17 Pesawat


Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) baru saja merilisi laporan tentang latihan sebuah jet tempur baru generasi kelima, Chengdu J-20.

Dalam siaran resminya, dilansir VIVA Militer Kamis 17 September 2020, PLA Daily mengklaim jet tempur J-20 itu memiliki kemampuan pertempuran udara yang luar biasa. Disebutkan J-20 dalam sebuah latihan berhasil menembak 17 pesawat musuh.

Jet tempur itu disebutkan memiliki kemampuan siluman, sehingga dalam latihan perang dengan mudah menghancurkan 17 pesawat musuh tanpa bisa dibalas. PLA menyatakan, J-20 itu terbangkan pilot junior PLA bernama Chen Xinhao dari unit Wang Hai, sebuah skuadron elit Angkatan Udara China.

Memang PLA tak merilis jenis-jenis 17 pesawat tempur yang berhasil dihancurkan J-20 itu. Hanya saja diduga kuat tiga di antaranya adalah jet tempur Chengdu J-16.

Hanya saja banyak pihak meragukan klaim kehebatan dari jet tempur J-20 siluman itu. Apalagi terbangkan oleh pilot junior yang baru mengantongi 100 jam terbang. Kemungkinan besar PLA mengerahkan pilot junior dari pasukan elit tersebut dalam latihan tempur J-20.

Diduga kuat klaim kehebatan J-20 hanya upaya propaganda China untuk menakut-nakuti Taiwan. Perlu diketahui, tetangganya itu belum lama ini telah memutuskan memborong 66 unit jet tempur F-16V dari Amerika.

Pembelian jet canggih AS ini dilakukan Taiwan menyusul ancaman perang yang terus ditebar China di wilayah sengketa sepanjang Selat Taiwan di Laut China Selatan.

Sejauh ini PLA tak merilis rekaman latihan J-20 siluman itu. Tapi diketahui bentuk pesawat tempur siluman itu pernah bocor. J-20 disebutkan memiliki dua tempat duduk. Mesin pesawatnya juga hasil modernisasi produksi lokal.

Meski begitu, jika benar jet tempur siluman J-20 mampu menghancurkan pesawat tempur musuh cuma dengan mengandalkan pilot junior, maka dipastikan ada teknologi canggih yang bersemayam di tubuh J-20, dan berarti jet itu ancaman paling bahaya bagi Taiwan di udara.



Sumber : viva.co.id

No comments

Powered by Blogger.