Taiwan mendirikan 'rumah sakit karang' dalam prakarsa restorasi terumbu

Taiwan mengalami kehilangan habitat terumbu karang secara massal tahun ini dan sedang bergerak cepat untuk memperbaiki situasi

Pemutihan karang di Kenting (foto CNA)

TAIPEI - Taiwan memelopori rehabilitasi karang melalui identifikasi varietas tahan panas dan membangun "rumah sakit karang".

Negara samudra telah dirusak oleh pemutihan karang selama dua dekade terakhir karena pemanasan global dan pembuangan air hangat dari pembangkit listrik tenaga nuklirnya. Jadi, cara terbaik untuk memulihkan sistem terumbu karang yang rentan sedang diselidiki, tulis CNA.

Fan Tung-yun (樊 同 雲), peneliti di National Museum of Marine Biology & Aquarium (NMMBA), menemukan bahwa karang kembang kol terbukti lebih tangguh seiring dengan peningkatan suhu. Fasilitas tersebut kemudian memulai program konservasi ex situ untuk budidaya karang sebelum mengembalikannya ke laut.

Fan mengatakan mereka dapat tumbuh 6 sentimeter setahun jika diberi makan dengan udang air asin dan ditempatkan di lingkungan yang terkontrol dengan baik. Spesies seperti koral lobus juga tampaknya mampu mentolerir panas.


Bidang lain dalam upaya Taiwan untuk melindungi terumbu adalah pembentukan basis data genom karang yang dipimpin oleh Lin Chia-hsin (林家興), direktur Institut Biologi Kelautan Universitas Dong Hua Nasional. Para peneliti telah mengumpulkan data dan mengawetkan sel-sel hidup dari puluhan spesies karang untuk mencegah invertebrata laut dari kepunahan akibat peristiwa pemutihan.

Ilmuwan ini juga mempromosikan gagasan "rumah sakit karang", yang memberikan perawatan khusus untuk terumbu karang yang rusak atau yang menunjukkan tanda-tanda "memutih" - sebelum melepaskannya ke habitat aslinya. Fasilitas tersebut, bersama dengan database genom karang, dapat berfungsi untuk melestarikan kehidupan laut dan meningkatkan keanekaragaman hayati terumbu karang, katanya.

Taiwan telah mengalami pemutihan karang yang mengkhawatirkan tahun ini, dengan sistem karang di perairan lepas pantai timur Hualien dan tujuan pantai Kenting di selatan melaporkan hilangnya habitat terumbu karang secara massal.


Sumber : taiwan news

No comments

Powered by Blogger.