Taiwan Tempati Urutan ke-3 Sebagai Tujuan Investasi Terbaik di Dunia




Business Environment Risk Intelligence (BERI) di Amerika Serikat menerbitkan laporan analisis risiko lingkungan investasi kedua untuk tahun 2020, dan menempatkan Taiwan pada urutan ke-3 secara global (urutan pertama di kawasan Asia) untuk kategori “Rekomendasi Kesempatan Memperoleh Keuntungan” (Profit Opportunity Reccomendation). Posisi pertama ditempati oleh Swiss, diikuti oleh Norwegia.  

Dalam laporan kali ini, BERI memberi peringkat 1C kepada Taiwan, yang artinya para investor disarankan untuk meningkatkan nilai investasi di Taiwan. Secara umum, Taiwan memperoleh nilai total 61 poin, atau sama dengan perolehan nilai dalam laporan kuartal pertama tahun 2020. Taiwan diharapkan dapat mempertahan posisi di urutan ketiga dengan total nilai 63 poin di tahun 2021, dan urutan ketiga dengan total nilai 67 poin di tahun 2025.  


Di kawasan Asia, Taiwan menduduki urutan pertama, diikuti oleh Korea Selatan (60 poin), Singapura (57 poin), Jepang (52 poin), Malaysia (17 poin), Vietnam (47 poin), Indonesia (46 poin), Tiongkok (46 poin), India (45 poin), Filipina (42 poin), dan Thailand (38 poin).

Setiap tahun BERI menerbitkan laporan analisis risiko lingkungan investasi pada bulan April, Agustus, dan Desember. Laporan tersebut disertai dengan 3 indikator, yaitu “Risiko Operasional, Risiko Politik, serta Risiko Nilai Tukar dan Repatriasi”. Ketiga indikator tersebut kemudian dijadikan acuan untuk memprakirakan kemungkinan pemerolehan keuntungan bagi perusahaan multinasional.

Risiko Operasional: Taiwan menempati urutan ke-3 global, urutan pertama di Asia. Nilai yang diperoleh Taiwan adalah 58 poin (sejajar dengan Australia). Urutan pertama ditempati oleh Swiss (62 poin), diikuti oleh Amerika Serikat (61 Poin).  

Risiko Politik: Taiwan menempati urutan ke-18, urutan ke-6 di Asia. Nilai yang diperoleh Taiwan adalah 45 poin (tahun lalu 46 poin).   

Risiko Nilai Tukar dan Repatriasi: Taiwan menempati urutan pertama secara global. Nilai yang diperoleh Taiwan adalah 79 poin, atau naik 2 poin dari perolehan nilai dalam laporan tahun lalu.






Sumber : taiwantoday.tw

No comments

Powered by Blogger.