Ternyata Ini Alasan Anjing Suka Mimpi Berlari Saat Tidur




     Anjing cenderung berperilaku aneh, mulai dari menggali tanah hingga  mengistirahatkan tangan di lengan Anda. Keunikan ini bahkan meluas ketika mereka sedang tidur, karena anjing cenderung bergerak dan menggerakkan kaki mereka seolah-olah mereka sedang berlari dalam mimpi.




Namun, benarkah itu yang terjadi?

Pada anak anjing yang berusia sangat muda, "berlari" mungkin sebenarnya adalah bentuk otot sederhana yang berkedut, sifat umum dalam mengembangkan tubuh anjing. Demikian seperti mengutip laman Mental Floss, Kamis (17/9/2020). 

Tetapi jika anjing Anda berusia semakin tua dan masih menggerakkan kakinya, sangat mungkin ia bereaksi terhadap mimpi di mana ia berlari menuju sesuatu. 

Meskipun kita tidak dapat mengetahui secara pasti apakah anjing bermimpi, kita tahu bahwa mereka mengalami Rapid Eye Movement (REM) dan tidur gelombang lambat, dengan REM menjadi tahap tidur yang lebih dalam di mana, setidaknya pada manusia, mimpi terjadi. 

Karena anjing menghabiskan lebih sedikit waktu dalam REM daripada manusia, yakni kira-kira 10 persen dari total waktu mereka untuk tidur, dibandingkan dengan 25 persen waktu manusia, mereka biasanya tidur lebih banyak, itulah sebabnya hewan peliharaan Anda mungkin tidur sepanjang siang dan malam.

Reaksi Terhadap Mimpi

Dalam tidur REM, anjing mungkin bereaksi terhadap mimpinya dengan menggerakkan kaki, merintih, atau bahkan menggonggong.

Respons ini lebih umum jika anjing tetap dalam tidur REM, yang berarti mereka tidak terus-menerus terangsang oleh keributan dari lingkungan seperti suara anak-anak atau hewan peliharaan lain di rumah.

Beberapa pemilik hewan peliharaan saat melihat otot tersentak atau kejang, mereka khawatir anjingnya mungkin mengalami kejang. 

Tetapi kejang bisa terjadi saat anjing terjaga atau tertidur, dan sering kali disertai dengan mata terbuka. Jika anjing Anda bergerak-gerak saat tidur siang, kemungkinan besar dia hanya bermimpi bahwa ia tengah bersenang-senang dengan pemiliknya.

Sumber :liputan6

No comments

Powered by Blogger.