Topan Maysak Terjang Korea Selatan, Satu Orang Tewas




      Topan Maysak, yang disebut sebagai topan terkuat 2020, mendarat di pantai selatan dan timur Korea Selatan pada Kamis (3/9/2020) membawa angin kencang dan hujan lebat yang menyebabkan ribuan rumah kehilangan tenaga listrik. Satu orang dilaporkan tewas akibat terjangan topan itu.




Menurut badan cuaca Korea Selatan, dengan kecepatan angin maksimum 140 kilometer per jam, Topan Maysak mencapai tepian pantai bagian timur Kota Gangneung pada Kamis pagi dan menuju Korea Utara, demikian menurut badan cuaca Korea Selatan.

Lebih dari 2.200 warga Korea Selatan mengungsi dari rumah mereka akibat badai yang menumbangkan puluhan pohon, tiang listrik dan tiang lampu, mengoyak papan reklame serta merusak atau membanjiri puluhan rumah dan kendaraan.

Seorang perempuan di selatan Kota Busan meninggal setelah terluka akibat kaca jendela yang pecah, demikian diwartakan VOA.

Kementerian Dalam Negeri dan Keselamatan Korea Selatan mengatakan empat reaktor tenaga nuklir di dekat Busan mati secara otomatis karena masalah pasokan listrik, tetapi tidak terdeteksi ada kebocoran bahan radioaktif.

Hingga Kamis pagi, para pejabat berhasil memulihkan aliran listrik di sekitar sepertiga dari 121.949 rumah yang listriknya padam.

Pemadaman listrik terutama terjadi di wilayah daratan selatan, termasuk Busan dan pulau resor Jeju.

Sumber :okezone

No comments

Powered by Blogger.