Usai Olahraga Badan Pegal-Pegal, Wajarkah?




     Selama pandemi virus corona Covid-19, olahraga menjadi salah satu kegiatan yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat. Tapi seringkali seseorang merasa pegal-pegal usai berolahraga.




Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Michael Triangto, Sp.K.O, menjelaskan bahwa gejala pegal-pegal usai berolahraga adalah suatu hal yang wajar dialami seseorang. Terlebih jika orang tersebut memang jarang berolahraga.


“Setiap berolahraga kita menggunakan energi untuk otot. Sampahnya ini disebut asam laktat dan ini yang menyebabkan pegal-pegal,” tegas dr. Michael, dalam Instagram Live PDSKO, Rabu 9 September 2020.

Dokter Michael mengatakan ada beberapa kemungkinkan yang menyebabkan seseorang merasa pegal-pegal usai berolahraga. Yang pertama karena kemungkinkan orang tersebut jarang berolahraga. Sebab olahraga memang harus dilakukan secara bertahap.

Selain itu jika seseorang berolahraga menggunakan aplikasi, maka kemungkinan besar aplikasi tersebut yang tidak cocok dengan orang bersangkutan. Alhasil cara yang bisa dilakukan adalah menyesuaikan olahraga dengan kemampuan diri sendiri.

“Kita harus berolahraga sesuai dengan tingkat kemampuan diri sendiri. Jika kita berlatih, terus merasa sakit tandanya latihan itu belum cocok untuk kita. Namun bila usai olahraga tidak merasa apa-apa lantas besoknya merasa sakit dan pegal, itu tandanya olahraganya cocok tapi intensitasnya berlebihan,” tuntasnya.

Sumber :okezone

No comments

Powered by Blogger.