Video menunjukkan sepeda motor menabrak truk dari bahu jalan di jalan raya Taiwan

Perusahaan truk menyesal setelah kendaraannya menabrak sepeda motor di bahu Jalan Raya Provinsi 88
Truk melewati sepeda motor dari bahu jalan. (Tangkapan layar Facebook)

TAIPEI - Setelah menghadapi reaksi keras karena menolak mengakui kesalahan pengemudi truknya saat menabrak sepeda motor, perusahaan makanan laut pemilik truk tersebut akhirnya mengeluarkan permintaan maaf.

Pada Sabtu (26/9), pengendara sepeda motor kelas berat ditabrak truk di Jalan Tol Provinsi 88 saat mencoba melintas secara ilegal di bahu jalan, membuat pengendara terlempar ke trotoar dan menimbulkan luka parah. Awalnya, perusahaan makanan laut yang memiliki truk tersebut membantah melakukan kesalahan dalam komentar Facebook, menuduh pengendara sepeda motor "tidak memberi jalan."

Grup Facebook Taiwan Motorcycle pada hari Minggu (27 September) memposting video dasbor kecelakaan itu. Dalam video tersebut terlihat sebuah sepeda motor mengaum di jalan dengan kecepatan tinggi dan berpindah ke jalur kanan untuk menyalip truk semi-trailer yang bergerak lambat di jalur yang lewat.

Tak lama kemudian, sebuah truk pengantar putih tiba-tiba muncul di video, bergerak lebih cepat dari sepeda motor. Alih-alih melambat dan menunggu untuk melewati truk semi trailer, truk itu langsung meluncur di jalan dengan kecepatan penuh.

Saat hendak menabrak motor dari belakang, truk itu berbelok ke kanan ke bahu pada detik terakhir. Pengemudi truk kemudian langsung mencoba untuk membelok kembali ke jalur kanan, namun ia salah menghitung kecepatan dan jarak sepeda motor dan menjepit roda depan dengan bagian belakangnya.

Sepeda motor itu segera menerjang ke depan dan membuat pengemudi berguling berulang kali di aspal yang keras. Ketika dia akhirnya berhenti, dia masih sadar dan duduk tegak, tetapi dia jelas sangat kesakitan.

Truk menabrak depan sepeda motor. (Tangkapan layar Facebook, Taiwan Motorcycle)

Pengemudi kendaraan yang merekam rekaman tersebut terlihat turun dari kendaraannya dan menawarkan bantuan kepada pengendara yang terluka. Jauh di depan, truk putih itu tampaknya telah menepi ke bahu jalan.

Setelah video tersebut diunggah pada hari Minggu, banyak netizen yang mengkritik pengemudi karena "dengan sengaja mencoba membunuh" pengendara sepeda motor tersebut. Setelah melakukan pencarian ekstensif di internet, netizen menemukan bahwa truk tersebut milik perusahaan makanan laut bernama Yuanwang Aquatic Products Co., Ltd. (源 旺 水產 行).

Ketika netizen mengonfrontasi perusahaan atas kecelakaan tersebut, pada awalnya mereka membela tindakan pengemudinya dengan mengatakan, "Itu karena pengendara sepeda motor kelas berat tidak memberi jalan. Bukan kami yang memaksa mobilnya [keluar jalan]." Ini hanya membuat marah para netizen, yang selanjutnya mengkritik perusahaan karena kelalaiannya.

Pengendara sepeda motor berjatuhan di jalan raya. (Tangkapan layar Facebook, Taiwan Motorcycle)

Adegan kecelakaan (kiri), cedera yang dialami pengendara sepeda motor (kanan). (Foto Facebook)

Pada Senin pagi (28 September), perusahaan mengeluarkan permintaan maaf resmi yang mengakui bahwa pengemudi salah dan akan melakukan yang terbaik untuk memberi kompensasi kepada pengemudi dengan kemampuan terbaiknya. Korban pun turun ke Facebook memposting foto tubuhnya yang dipenuhi luka.

Dia menyesalkan bahwa pengemudi Taiwan memiliki konsep etiket jalan yang sangat buruk dan menunjukkan bahwa dia sudah berada di jalur yang benar ketika truk itu tiba-tiba melaju dari jalan Tol Nasional 3 untuk bergabung ke Jalan Raya Provinsi 88.


Dia mengatakan truk itu segera masuk ke jalurnya dan mulai membunyikan klakson dari belakang. Menurut pengendara sepeda motor, pengendara kemudian menikung ke bahu, namun sebelum selesai melewatinya, ia berbelok kembali ke jalur kanan, bertabrakan dengan motornya.

(Jz)


Sumber : taiwan news

No comments

Powered by Blogger.