Viral Binaragawan Minum ASI untuk Membentuk Otot, Efektifkah?

Viral Binaragawan Minum ASI untuk Membentuk Otot, Efektifkah?

Air susu ibu (ASI) memang terkenal dengan beragam manfaatnya, dari mencegah stunting hingga mencegah kanker. Tapi bagaimana bila dikonsumsi orang dewasa, seperti yang dilakukan seorang binaragawan yang viral lantaran minum ASI.

Mengutip Times of India, Minggu (6/9/2020) Binaragawan, JJ Ritenour memanfaatkan ASI untuk membentuk ototnya, karena menurutnya makanan untuk bayi yang sedang bertumbuh membuatnya merasa bugar.

"Alasannya karena saya ingin tubuh saya tumbuh menjadi yang terbaik, maka saya makan dengan cara seperti bayi," ungkap Ritenour.



Namun aksi yang dilakukan Ritenour bukan satu-satunya, banyak orang dewasa memanfaatkan ASI, termasuk di AS sempat tren minum ASI untuk menangkal Covid-19. Ini karena ASI bisa memberikan efek terapeutik, yang cara kerjanya bisa seperti vaksin.

Meski padat nutrisi, ternyata tidak lantas ASI mampu mencukupi kebutuhan nutrisi binaragawan. Justru memanfaatkan ASI untuk membangun daya tahan tubuh orang dewasa, hanya akan merusak pola makan orang tersebut.

ASI diperuntukkan khusus untuk bayi yang dikandung sang ibu. Itulah mengapa manfaat yang didapatkan bayi tidak akan sama dengan manfaat untuk orang dewasa.

Selain itu, ada juga risiko ASI dari ibu pendonor bercampur dengan ASI ibu lainnya dalam tubuh dan menyebabkan infeksi, bahkan bisa saja kebersihannya tidak terjaga.

Apalagi jika ibu pemberi ASI punya penyakit seperti hepatitis hingga HIV, maka bisa menularkannya. Ini karena ibu pemberi ASI tidak diseleksi kesehatannya. Apalagi kebanyakan produk ASI dibeli secara online.










Sumber : saura

No comments

Powered by Blogger.