Waket DPRD Tegal Diperiksa Sebagai Tersangka Kasus Dangdutan Hari Ini


Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Wasmad Edi Susilo ditetapkan menjadi tersangka kasus konser dangdut di tengah pandemi virus Corona atau COVID-19. Pemeriksaan berlangsung di Polda Jateng, siang ini.

"Iya ini sudah diperiksa. Tadi datang ke Polda Jateng pukul 09.30 WIB," ujar Direskrimum Polda Jateng Kombes Wihastono Yoga Pranoto saat dihubungi detikcom, Rabu (30/9/2020).

Wihastono menjelaskan dalam pemeriksaan ini polisi masih mendalami pertanggungjawaban pidana Wasmad terkait konser dangdut tersebut. Termasuk sejauh mana keterlibatannya di konser dangdut itu.

"Ini masih berlangsung (pemeriksaannya)," jelasnya.

Pemeriksaan Wasmad ini menjadi yang pertama setelah dia ditetapkan menjadi tersangka pada Senin (28/9) lalu. Wasmad diduga melanggar UU Kekarantinaan Kesehatan karena kegiatan konser dangdut itu menimbulkan kerumunan massa dan banyak yang melanggar protokol kesehatan COVID-19.

Sebelumnya, Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari menjelaskan gelar perkara kasus konser dangdut Wasmad dilaksanakan di kantornya. Gelar perkara dilakukan setelah rangkaian pemeriksaan dan penyitaan barang bukti.

Wasmad diduga melanggar UU Kekarantinaan Kesehatan karena kegiatan konser dangdut itu menimbulkan kerumunan massa dan banyak yang melanggar protokol kesehatan COVID-19. Konser dangdut itu digelar

Atas perbuatannya, Wasmad dijerat Pasal 93 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan Jo Pasal 216 ayat (1) KUHP Jo Pasal 65 ayat (1) KUHP. Dia terancam hukuman satu tahun penjara.

Diwawancara terpisah, Ketua Harian DPD Golkar Jawa Tengah (Jateng) Wihaji siap memberikan bantuan hukum jika diminta Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Wasmad Edi Susilo yang jadi tersangka kasus konser dangdut. Wihaji beralasan bantuan hukum itu diberikan karena Wasmad tidak terjerat kasus korupsi.

"Kita siapkan pendamping hukum, karena kita ada bidang hukum yang menangani itu. Kecuali kasus korupsi. Kalau kasus korupsi kita nggak, langsung kita pecat," ujar Wihaji saat dihubungi detikcom, kemarin.


Sumber : detik.com

No comments

Powered by Blogger.