Waspadai OTG Ada di Sekitar Anda



Tulisan ini sama sekali tidak bermaksud untuk menakut-nakuti Anda, namun bertujuan agar Anda selalu waspada. Waspada dalam arti logis dan bukan paranoid.

OTG (Orang Tanpa Gejala) adalah orang yang sudah terpapar Covid-19 namun karena imunitas tubuhnya kuat, maka seakan-akan tidak menderita sakit. Tidak batuk. Tidak flu. Tidak sesak nafas.

Dimanakah OTG berada? OTG bisa berada dimana-mana, di mall, di pasar, di angkot, di bis, di KRL, di kampus, di tempat ibadah, di rumah makan, di cafe, di kantor, ya ada dimana-mana.

Kenapa OTG berbahaya? Karena OTG sudah terpapar Covid-19, namun imunitasnya kuat, sehingga tidak menunjukkan gejala sakit, sedangkan Anda bisa saja imunitasnya rendah atau tinggi tak seorangpun yamg tahu.

Bagaimana cara menghindari OTG? Anda harus menganggap semua orang disekitar Anda adalah OTG, termasuk Anda sendiri.

Cara menghindari OTG adalah lebih sering tinggal di rumah, seandainya harus ke tempat kerja lakukan hanya rumah - tempat kerja -rumah. Janganlah mampir ke kedai kopi, rumah makan atau mall. Janganlah ikut kumpul-kumpul seperti makan bersama, ngobrol bersama atau berolahraga bersama.

Meskipun di rumah saja itu membosankan namun Anda harus kreatif menciptakan kegiatan, bisa mengerjakan hobi seperti menulis, melukis, memasak, nonton film atau berkebun. Janganlah gara-gara PSBB agak dilonggarkan kemudian Anda seperti orang lepas pingitan lalu pergi kemana-nana dengan penuh percaya diri.

Bila Anda mempunyai keperluan penting, boleh saja Anda keluar rumah, tapi ingat lakukan protokol kesehatan secara ketat. Selalu pakai masker, menjaga jarak dan rajin cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Menjaga jarak itu dengan siapapun, baik teman dekat maupun teman kantor, jangan foto wefie  dengan saling berdekatan apalagi sambil membuka masker hanya untuk memajang foto di sosial media saja.

Setelah kembali atau pulang dari bepergian lepaslah alas kaki di luar rumah dan segera mandi.

Di tempat kerja Anda juga harus selalu waspada, karena Anda tidak tahu apa yang dilakukan teman kerja Anda dengan orang serumahnya, tetangganya, di kendaraan umum atau dimana saja. Jadi kurangi komunikasi bila tidak sangat penting.

Di dalam rumahpun Anda perlu mewaspadai orang serumah. Karena Anda tidak tahu dia bertemu siapa di kendaraan umum, di tempat kerja, ketemu tamu, ketemu teman kerja, ketemu teman akrab, ketemu saudara, atau siapa saja.

Siapa tahu mereka ketemu dengan OTG yang sebenarnya sudah terpapar Covid-19, hanya karena imunitasnya kuat saja maka tidak menunjukkan gejala. Siapa tahu sistem imunitas tubuh Anda sedang lemah, maka Anda ikut terpapar juga.

Selalu waspada dan ikuti selalu protokol kesehatan. Salam sehat.


Sumber : kompasiana.com

No comments

Powered by Blogger.