4 Air Terjun Spektakuler, Nomor 2 Tempat Syuting Film Bollywood

 https: img.okezone.com content 2020 09 30 408 2286359 4-air-terjun-spektakuler-nomor-2-tempat-syuting-film-bollywood-ERCZx2WBBk.jpg

WISATA India bukan hanya Taj Mahal, Sungai Gangga, aneka kuliner dan budaya. Negeri Bollywood juga terkenal dengan panorama alam yang indah dan air terjun spektakuler.

India memang kaya flora dan fauna. Air yang memancar ke lembah dan hutan lebat di India ini benar-benar pemandangan yang luar biasa, bahkan menjadi destinasi wisata. Karena keindahannya, air terjun ini pernah jadi lokasi syuting film.

Air Terjun Shivanasamudra

Terletak di Karnataka dan sekitar 130 kilometer dari Bangalore, Air Terjun Shivanasamudra mudah diakses melalui jalur darat. Perjalanan dari Bangalore sendiri sangat indah dengan pemandangan pegunungan dan tanaman hijau di kedua sisi jalan. 

Air terjun ini terletak di sepanjang sungai Kaveri dan sungai tersebut terbelah dan jatuh di dua tempat terpisah yaitu Gaganachukki dan Bharachukki.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah dari bulan September hingga Januari. Anda dapat menikmati berperahu dengan coracles yang membawa Anda ke dekat air terjun yang menakjubkan ini. Aliran sungai yang mengalir menuruni tebing berbatu pun akan memanjakan mata Anda.

 

Air Terjun Dudhsagar

Dengan ketinggian 320 meter dan lebar rata-rata 30 meter, Air Terjun Dudhsagar terletak di Goa dan merupakan salah satu air terjun tertinggi di India. Air terjun ini berjarak sekitar 70 Km berkendara dari Bandara Goa. Pancaran air berwarna putih yang megah, Air Terjun Dudhsagar juga dikenal sebagai Laut Susu.

Air terjun ini adalah air terjun empat tingkat yang terletak di sungai Mandovi dan Anda akan terpesona oleh keindahan air terjun dan pemandangan alam sekitarnya.

Air Terjun Dudhsagar menjadi pusat perhatian ketika sebuah film Bollywood "Chennai Express" yang dibintangi Shah Rukh Khan mengambil gambar di sini.

Jika Anda tertarik berkunjung ke Air Terjun Dudhsagar, waktu terbaik adalah Oktober hingga Januari.

 

Air Terjun Jog

Air terjun ini terletak di hutan hijau yang lebat di distrik Shimoga di Karnataka, Air Terjun Jog adalah air terjun tertinggi kedua di India. Air Terjun Jog juga disebut sebagai Air Terjun Gerosappa atau Air Terjun Joga. Selama musim hujan, ketinggian air meningkat memberikan tampilan megah ke air terjun dengan pelangi terlihat sesekali.

Ketinggian air terjun adalah 253 meter dan lebar 472 meter. Air terjun ini langsung turun dan tidak mengalir ke bebatuan. Waktu terbaik untuk mengunjungi adalah Agustus hingga Desember karena waktu ini juga dianggap sebagai musim arus terbaik.

Bandara internasional terdekat adalah Mangalore dan bandara domestik terdekat adalah Hubli. Tak lupa juga, salah satu pembangkit listrik tenaga air terbesar di India juga beroperasi di sini.

Air Terjun Mallalli

Air Terjun Mallalli terletak di Ghats Barat di kaki Pushpagiri Hill Ranges di distrik Coorg. Air terjun ini berasal dari Sungai Kumaradhara. Di sini Anda akan menikmati pegunungan hijau subur dan lembah yang curam. Traveler juga memiliki pilihan untuk berjalan-jalan di sekitar perbukitan Air Terjun Mallalli yang indah.

Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah antara Juli hingga Desember ketika permukaan air lebih tinggi. Bandara internasional terdekat Air Terjun Mallalli adalah Mangalore dan bandara domestik terdekat adalah Mysuru.