5 Cara Turunkan Berat Badan, Meski Sambil Duduk

Berat badan

Sudah beberapa bulan ini masyarakat melakukan kerja dari rumah, sebagai bagian dari pemutusan rantai penyebaran COVID-19. Salah satu dampak yang paling terasa selama kerja dari rumah adalah meningkatnya berat badan.

Peningkatan berat badan yang dialami sejumlah masyarakat lantaran masyarakat lebih banyak melakukan aktivitas duduk di depan layar komputer tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik.

Meski begitu, bukan berarti kamu tidak bisa menurunkan berat badan walau hanya duduk. Bagaimana bisa? Berikut ini lima langkah sederhana dan mudah untuk menurunkan berat badan saat duduk seperti dilansir dari laman Times of India.

1. Pertahankan postur duduk yang stabil

Menjaga postur yang baik dapat membantu mengatasi masalah punggung tetapi juga bisa menjadi langkah penurunan berat badan yang efektif. Kenapa? Karena ketika duduk tegak, Anda akan menggunakan otot-otot yang minimal di tubuh bagian atas, bahu dan punggung.

Dengan cara tertentu, ini membantu memperkuat perut dan membakar kalori, karena Anda memberikan tekanan dalam mempertahankan kembali tegak.

Sebuah studi Swiss juga mengklaim bahwa mempertahankan duduk tegak juga dapat meningkatkan laju oksidasi lemak dalam tubuh.

2. Melakukan olahraga dengan bantuan meja

Meski duduk bukan berarti Anda tidak dapat melakukan olaharaga.
Anda bisa melakukan variasi latihan seperti crunches, pushup dan jongkok dengan bantuan kursi.

Menggunakan bola olahraga juga dapat membantu mengencangkan tubuh bagian bawah dan membakar lebih banyak kalori saat istirahat.

Latihan pernapasan, atau melakukan yoga saat Anda duduk juga dapat membantu penurunan berat badan yang efektif. Anda juga dapat mempertimbangkan menggunakan bola stabilitas untuk memperkuat otot inti dengan kursi meja Anda.

3. Matikan AC

Beberapa ahli menyarankan bahwa suhu yang lebih dingin mengaktifkan repositori lemak coklat dalam tubuh, yang menjaga metabolisme tinggi dan bekerja dalam membakar lemak yang disimpan di dalam dan di sekitar area perut.

Sebuah penelitian tentang diabetes juga menemukan bahwa peserta yang menghabiskan waktu di lingkungan yang  lebih dingin memiliki reaktivitas lemak cokelat yang lebih tinggi daripada mereka yang menghabiskan waktu suhu yang lebih hangat. Selain itu, mereka juga menunjukkan tingkat sensitivitas insulin yang ditingkatkan.

4. Cukup terhidrasi

Meningkatkan konsumsi air minum bisa sangat penting untuk menurunkan berat badan. Air tidak hanya membantu menghilangkan racun dari tubuh, itu juga mengatur pencernaan Anda.

Konsumsi 0,5-1 liter air setiap hari dapat meningkatkan pengeluaran energi saat istirahat, atau berarti Anda membakar kalori lebih cepat. Bahkan jika Anda tidak melakukan perubahan lain, ini bisa menjadi awal yang cukup baik. Lebih dari itu, air adalah minuman nol kalori. Jadi Anda tidak harus menghitung kalori yang dikonsumsi.


5. Tertawa lebar

Mungkin terdengar konyol,  tetapi tertawa dapat membantu Anda menurunkan kalori lebih cepat. Tawa diketahui tidak hanya membuat Anda bahagia dan menjaga stres, tetapi juga berkontribusi pada beberapa pembakaran kalori dalam tubuh.

Sebuah studi NCBI dari 2007 mengamati bahwa tawa dapat menaikkan tingkat jantung dan pengeluaran energi saat istirahat dengan baik 10%-20%, membuat Anda mampu membakar 20-40 kalori lebih dari biasanya.
(Jz)


Sumber : viva

No comments

Powered by Blogger.