5 Tempat Wisata Mirip Api Abadi Mrapen di Indonesia


https: img.okezone.com content 2020 10 04 408 2288139 5-tempat-wisata-mirip-api-abadi-mrapen-di-indonesia-ZB1TQUi5zh.jpg

INDONESIA memiliki keunikan alam api abadi yang menjadi objek wisata. Tak hanya Api Abadi Mrapen di Grobogan, Jawa Tengah, ada pula sederet wisata api abadi lainnya.

Api abadi bahkan memiliki sederet mitos juga legenda di dalamnya. Misalnya saja Api Abadi Mrapen bisa terbentuk karena legenda Sunan Kalijaga.

Bila ingin tahu lebih lanjut, inilah sederet objek wisata api abadi di Indonesia yang perlu Anda ketahui. Apakah Anda juga pernah mengunjunginya? Simak yuk ulasannya berikut ini, ditulis Okezone, Minggu (4/10/2020).

Api Abadi Mrapen

api abadi

Di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah terdapat legenda Sunan Kalijaga yang berhubungan dengan api abadi. Dalam legenda itu dikisahkan Sunan Kalijaga dan para pengikutnya beristirahat sejenak dan bermalam di sebuah tempat yang disebut Mrapen. 

Di malam hari mereka ternyata kedinginan sehingga Sunan Kalijaga meletakkan tongkatnya ke tanah dan kemudian menariknya keluar untuk menyalakan api yang menghangatkan. Api abadi di Mrapen itu hingg sekarang belum pernah dipadamkan bahkan di tengah hujan angin.

Sayang sepekan terakhir, Api Abadi Mrapen dikabarkan padam. Akibat pandemi Covid-19, objek wisata ini tutup.

Kades Manggarmas Achmad Mufid menegaskan, Api Abadi Mrapen tidak seketika padam. Namun berlangsung bertahap, awalnya api terlihat meredup baru setelah itu, api padam.

“Peristiwa ini sudah kita laporkan pada instansi terkait. Dinas terkait sudah meninjau ke lokasi. Mengenai tindak lanjutnya belum tahu,” terangnya.

Api Abadi Kayangan Api

api abadi

Api Abadi Kayangan Api berada di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Api ini menjadi salah satu dari api abadi yang tak pernah padam meskipun hujan menerjang. Pemandangannya tampak sangat indah ketika malam hari.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro Amir Sahid mengatakan, Api Abadi Kayangan Api ini menjadi wisata geologi yang ditonjolkan Kabupaten Bojonegoro dan dimasukkan ke kategori geopark sekaligus geoherritage.

"Dalam geopark ini harus masuk dalam tiga unsur yakni pertama wisata geologi heritage atau geoherritage, kedua keanekaragaman makhluk hidupnya mulai dari manusianya, tumbuhan, hingga satwanya. Kebetulan di sekitarnya masih hutan yang terjaga," ungkap Amir Sahid, beberapa waktu lalu.