5 Tips agar Tak Salah Pilih saat Membeli Rumah


Rumah sebagai kebutuhan utama pada akhirnya harus jadi prioritas untuk dimiliki. Selain karena biaya untuk terus menyewa rumah jadi pengeluaran yang tidak bijak, juga karena jika terus menunda pembelian maka harga rumah semakin tinggi.

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan agar tidak salah pilih dalam membeli rumah. Dalam artikel kali ini, Urban Id mencoba memberikan solusi seputar masalah properti bersama dengan praktisi properti, Novrizal Handoko.

  1. Tentukan kebutuhan
Makusdnya, berapa jumlah kamar yang dibutuhkan. Apakah perlu carport untuk 2 mobil atau perlukah taman yang luas, semua ini harus didiskusikan bersama agar rumah yang dibeli sesuai dengan kebutuhan.
  1. Lokasi dan akses
Cari rumah yang mempunyai lokasi dalam daerah pemerintahan yang sama, jangan sampai nantinya karena rumah yang dibeli diperbatasan maka untuk mengurus hal-hal administratif menjadi jauh dan memakan waktu. Pastikan juga lokasi dekat dengan akses transportasi, seperti terminal bus atau bandara.
  1. Perhatikan fasilitas sekitar rumah
Guna menambah kenyamanan usahakan membeli rumah yang lokasinya dekat dengan fasilitas lingkungan. Seperti pasar tradisional, supermarket, rumah sakit, ATM atau pusat kuliner.

Spesifikasi bangunan dan desain
Ini juga sangat perlu diperhartikan material apa saja yang dipakai, kemudian apakah desain mampu memberikan suplai udara dan cahaya yang baik. Kemudian bagaimana dengan sistem drainase yang memastikan tidak banjir dan juga tentang bentuk arsitektur bangunan tersebut.
  1. Cari perbandingan dan banyak bertanya dengan tim pemasaran
Sebelum menentukan membeli rumah pastikan mencari perbandingan baik dari lokasi, skema pembayaran dan lainnya. Pastikan mendapat penjelasan yang rinci dari tim pemasaran atau agen termasuk mengenai legalitas dan permit rumah yang akan dibeli. Semoga bermanfaat dan mendapatkan rumah impian.
Novrizal Handoko, Praktisi Properti
Bagi yang berkeinginan konsultasi seputar properti, Anda dapat mengirimkan pertanyaan ke redaksi Urban Id melalui email urbanid2018@gmail.com.


Sumber : kumparan.com

No comments

Powered by Blogger.