AS memajukan penjualan rudal, peluncur roket ke Taiwan

Departemen Luar Negeri menyetujui 3 senjata sebagai bagian dari kesepakatan senjata besar dengan Taiwan menjelang pemilihan

HIMARS sedang diuji di White Sands Missile Range. 
(Foto Angkatan Darat AS) 

TAIPEI - Pemerintahan Trump pada Rabu (21 Oktober) memberi tahu Kongres bahwa mereka telah menyetujui penjualan tiga persenjataan canggih ke Taiwan, bagian dari paket tujuh sistem yang lebih besar.

Ketika ketegangan antara AS dan China memanas karena perang perdagangan, pandemi virus korona Wuhan, undang-undang keamanan nasional di Hong Kong, dan pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang, Presiden Donald Trump ingin mengambil sikap yang lebih keras dengan Beijing. Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan (DSCA) pada hari Rabu mengumumkan bahwa Departemen Luar Negeri telah menyetujui penjualan tiga sistem senjata canggih ke Taiwan.

DSCA mengatakan kesepakatan itu mencakup 11 Peluncur M142 Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) M142, 135 Rudal Serangan Darat Serangan Darat Standoff (SLAM-ER) AGM-84H dan peralatan terkait, dan enam pod sensor eksternal MS-110 Recce yang dibuat oleh Collins. Dirgantara untuk jet. Biaya sistem HIMARS adalah $ 436,1 juta; harga rudal SLAM-ER adalah US $ 1 miliar; dan polongnya bernilai US $ 367,2 juta, dengan total US $ 1,8 miliar.


DSCA menyatakan bahwa kasus penjualan senjata ini didasarkan pada Taiwan Relations Act, yang bertujuan agar militer Taiwan dapat terus memodernisasi dan mempertahankan kemampuan pertahanan yang andal. Ia menegaskan bahwa senjata tersebut melayani kepentingan nasional, ekonomi, dan keamanan Amerika dengan meningkatkan keamanan Taiwan dan membantu dalam "menjaga stabilitas politik, keseimbangan militer, [dan] ekonomi dan kemajuan di kawasan."

Ketiga senjata tersebut dilaporkan merupakan bagian dari paket tujuh sistem yang lebih besar, yang juga akan mencakup drone General Atomics MQ-9 yang canggih, sistem rudal Harpoon yang dipasang di pantai , ranjau pintar bawah air, dan howitzer self-propelled M109A6 Paladin , untuk total keseluruhan. dari US $ 7 miliar. Pemberitahuan resmi atas kesepakatan senjata semacam itu kepada Kongres biasanya diberikan 30 hari setelah pemberitahuan tidak resmi, tetapi prosesnya dapat dipercepat jika disetujui secara luas. (GS)

Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.