Batasi Makanan Manis untuk Mencegah Sakit Gigi


Mengalami kondisi sakit gigi bagi sebagian orang menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan. Selain mengalami rasa nyeri, sakit gigi terkadang menyebabkan pengidapnya mengalami kesulitan makan, pembengkakan pada gusi, bau mulut, sakit kepala, hingga demam. Jika tidak segera diatasi, sakit gigi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi, seperti rajin menggosok gigi, melakukan pemeriksaan pada dokter gigi, hingga mengatur pola makan. Ya, membatasi makanan manis dapat menjadi cara untuk mencegah sakit gigi.

Makanan Manis Picu Sakit Gigi
Kurangnya menjaga kebersihan mulut dan gigi tentu menjadi penyebab utama seseorang kerap mengalami sakit gigi. Selain itu, pola makan juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami sakit gigi. Melansir Healthline, seseorang yang gemar mengonsumsi makanan manis lebih rentan mengalami sakit gigi dibandingkan orang-orang yang seimbang dalam menjaga pola makannya. 

Makanan manis yang mengandung gula tinggi dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan pada mulut dan gigi. Hal ini disebabkan makanan manis atau gula dapat menyebabkan bakteri streptococcus, sebagai penyebab gangguan pada gigi berkembang biak dengan mudah.

Bakteri tersebut dapat membentuk plak pada gigi. Plak pada gigi yang tidak mendapatkan penanganan yang tepat menyebabkan karang gigi yang tentunya memicu gangguan kesehatan pada gigi, seperti gingivitis atau radang gusi.

Bakteri yang menumpuk pada gigi akibat makanan manis yang kamu konsumsi dapat mengikis bagian luar gigi sehingga membentuk lubang pada gigi. Tidak hanya makanan, sebaiknya perhatikan minuman yang dikonsumsi. Minuman yang mengandung gula juga dapat menyebabkan kondisi yang serupa.

Hindari Sakit Gigi dengan Pola Makan Ini
Lalu, bagaimana pola makan yang dapat mencegah terjadinya sakit gigi? Melansir Healthline, sebaiknya perhatikan asupan gizi dan nutrisi dari makanan atau minuman yang dikonsumsi untuk menghindari gangguan pada gigi. Perbanyak mengonsumsi buah segar dan sayur setiap harinya. Mengonsumsi buah dan sayur dapat membantu untuk meningkatkan produksi air liur sehingga mengurangi bakteri dalam mulut.

Tentunya, kamu dapat mengonsumsi makanan dan minuman manis, namun sebaiknya batasi pengonsumsiannya perhari. Jika kamu mengonsumsi minuman manis, tidak ada salahnya mencoba minum dengan menggunakan sedotan untuk mencegah sisa minuman manis menempel pada gigi. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih setelah kamu mengonsumsi minuman atau makanan manis.

Cegah Sakit Gigi dengan Kebiasaan Ini
Selain membatasi makanan dan minuman manis, tidak ada salahnya untuk melakukan beberapa kebiasaan ini agar kamu dapat terhindar dari berbagai gangguan kesehatan gigi.

Melansir Cleveland Clinic, lakukan gosok gigi secara rutin menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Rutin mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali menjadi cara yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit gigi.(GS)

Sumber : Halodoc

No comments

Powered by Blogger.