Bayi baru lahir di Taiwan jatuh sakit parah karena kebersihan orang tua yang buruk

Tangan yang terkontaminasi salmonella dipercaya menjadi sumber penyakit

Bayi baru lahir (gambar Getty)

TAIPEI - Seorang bayi baru lahir di Taiwan jatuh sakit parah akibat infeksi salmonella, dengan sumber penularan diduga terkait dengan praktik kebersihan yang buruk dari orang tua.

Rumah Sakit Memorial Linkou Chang Gung mengatakan pada hari Minggu (11 Oktober) bahwa tiga bayi di bawah usia satu tahun baru-baru ini dirawat karena penyakit bakteri tersebut. Yang termuda, yang berusia 10 hari, telah mengalami komplikasi serius, termasuk radang usus dan perut serta sepsis.

Staf medis berspekulasi bahwa orang tua pasien muda mungkin yang harus disalahkan, karena mereka ditemukan tidak mencuci tangan dengan bersih sebelum menyiapkan makanan untuk bayi. Penyebab infeksi juga bisa menjadi penggunaan talenan tunggal untuk produk segar dan daging, yang menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan patogen bawaan makanan, menurut Liberty Times.

Karena virus korona terus menjadi perhatian bangsa, Chiu Cheng-hsun (邱 政 洵), wakil pengawas rumah sakit, memperingatkan bahwa masyarakat juga harus memperhatikan ancaman salmonellosis, yang merajalela antara Juli dan Oktober. Anak-anak di bawah usia lima tahun sangat rentan terhadap penyakit tersebut, tambahnya.

Di Taiwan, bakteri ini sering ditemukan pada daging babi dan ayam mentah dan dapat masuk ke dalam makanan yang dimakan konsumen, kata Chiu, mengutip penelitian oleh lembaga medis. Telur ayam dan bebek juga bisa membawa patogen.


Mereka yang tertular penyakit mungkin menunjukkan gejala seperti demam, mual, sakit kepala, diare, dan sakit perut dalam enam hingga 72 jam. Untuk bayi dan manula, gejalanya bisa memburuk dan mengakibatkan sepsis, pneumonia, osteomielitis, meningitis, perforasi gastrointestinal, dan bahkan kematian, tulis UDN.
(Jz)

Sumber : Taiwan news

No comments

Powered by Blogger.