Cara Mudah Membiasakan Jalan Kaki Setiap Hari

Ilustrasi. Ada beberapa cara yang bisa membantu Anda membiasakan diri untuk berjalan kaki setiap hari. (iStockphoto/ gbh007)

Jalan kaki punya banyak manfaat buat kesehatan. Namun, sering kali rasa malas muncul sebelum aktivitas jalan kaki dimulai.

Jalan kaki bisa menjadi salah satu pilihan aktivitas fisik yang tepat untuk menjaga daya tahan tubuh. Tak perlu 10 ribu langkah per hari, sebuah riset yang dipublikasikan dalam Journal of the American Medical Association menemukan, manfaat jalan kaki tetap bisa didapat meski tidak mencapai 10 ribu langkah.

Namun, jika rasa malas itu kerap muncul mengganggu niat untuk berjalan kaki, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut.

1. Atur alarm
Kerja dari rumah alias work from home (WFH) membuat orang rentan malas bergerak. Sebaiknya, atur alarm yang berfungsi mengingatkan Anda untuk beranjak dan bergerak.

Tak harus berjalan kaki keliling komplek, Anda bisa hanya berjalan mengambil air di dapur, membuka jendela, menghampiri anak yang sedang bermain, atau apa pun yang membuat Anda bergerak. Dengan cara itu, tanpa sadar langkah Anda akan terus bertambah setiap harinya.

2. Bangun tidur dan jalan kaki
Alain Saint-Dic, personal trainer dan kepala pelatihan dan pengembangan di Stretch Relief, menyarankan Anda untuk bangun, beranjak, dan bergerak meski hanya di area rumah. Anda bisa memadukan jalan kaki dengan olahraga di beberapa titik henti.

"Lakukan olahraga berbeda di tiap pintu masuk seperti high knee [lari di tempat dengan mengangkat lutut agak tinggi], lunges [salah satu lutut ditekuk dan lutut lain lurus]," kata dia mengutip dari Well and Good.

3. Mengakses smartphone sambil bergerak
WFH mau tak mau membuat orang lebih banyak mengakses smartphone daripada saat di kantor. Tugas maupun koordinasi semua dilakukan lewat smartphone.


Coba lah untuk berkoordinasi melalui smartphone sambil bergerak atau berjalan kaki. "Cobalah untuk menerima panggilan Anda sambil mondar-mandir, daripada tetap dalam posisi duduk atau berbaring," kata Saint-Dic.

4. Target realistis
Sebelum menentukan target 10ribu langkah, sebaiknya cek jumlah langkah rata-rata harian Anda. Jika rata-rata per hari sebanyak seribu langkah, target 10ribu di beberapa hari setelahnya jelas tidak realistis. Target terlalu tinggi malah membuat Anda makin mudah menyerah.

Sebaiknya lakukan perlahan. Tambah jumlah langkah per hari atau per minggu. Lakukan sampai Anda merasa nyaman baru kemudian tambah lagi.

5. Buat jalan kaki lebih menyenangkan
Jalan kaki bisa lebih menyenangkan jika dilakukan bersama pasangan. Namun, ada kalanya Anda hanya bisa jalan kaki sendirian. Tapi tak perlu khawatir, Anda bisa menjadikan lagu-lagu favorit Anda sebagai teman.
(Jz)


Sumber : cnn Indonesia

No comments

Powered by Blogger.