China menanggapi seruan Taiwan untuk dialog damai dengan latihan tembak langsung

Seruan presiden Taiwan untuk dialog damai bertemu dengan latihan tembak langsung yang dijadwalkan pada hari Selasa

Adegan pasukan PLA ambil bagian dalam latihan pendaratan amfibi. (Tangkapan layar CCTV)

TAIPEI - Pada hari yang sama ketika Presiden Taiwan Tsai Ing-wen (蔡英文) menyampaikan pidato yang menyerukan China untuk terlibat dalam dialog damai dengan Taiwan, Beijing mengumumkan akan mengadakan latihan tembak-menembak di Selat Taiwan.

Dalam pidatonya yang menandai Hari Nasional Taiwan di depan Gedung Kantor Kepresidenan pada hari Sabtu (10 Oktober), Tsai menawarkan ranting zaitun kepada Partai Komunis China dengan mengatakan bahwa "jika Beijing dapat mengindahkan suara Taiwan, ubah cara menangani lintas- hubungan selat, dan bersama-sama memfasilitasi rekonsiliasi lintas selat dan dialog damai, saya percaya bahwa ketegangan regional pasti dapat diselesaikan. " Tawaran dialog damai itu datang di tengah intrusi ke-16 pesawat tempur China ke zona identifikasi pertahanan udara Taiwan hari itu.

Kantor Urusan Taiwan China menanggapi pidato Tsai hari itu dengan menggandakan desakan Beijing bahwa dia pertama kali mengakui "Konsensus 1992" sebelum dialog lintas-selat apa pun dapat dilanjutkan. China telah berusaha untuk menghukum Taiwan sejak Tsai menolak untuk mengakui dugaan konsensus ketika dia pertama kali menjabat pada tahun 2016.

Menurut larangan navigasi yang dikeluarkan oleh Komite Manajemen Zona Pengembangan Ekonomi Pelabuhan Gulei di Zhangzhou, Provinsi Fujian, unit Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) dijadwalkan untuk melakukan latihan tembak langsung di perairan timur Semenanjung Gulei Fujian mulai Selasa. hingga Sabtu (13-17 Oktober).


Pengumuman tersebut menyatakan bahwa daerah terlarang termasuk perairan Pulau Hongyu dan Pulau Hengyu di Dajianshan Reef di Semenanjung Liu'ao di utara, Pulau Shazhou di barat, dan 10 kilometer selatan dan 12 km timur Pulau Hengyu di lepas pantai Fujian. Propinsi.

Koordinat pasti dari jarak tembak langsung adalah Sea Point A: 23-48-35n 117-40-35e; Titik Laut B: 23-56-50n 117-48-00e; Titik Laut C: 23-52-50n 117-53-10e; dan Sea Point D: 23-44-30n 117-45-40e.

Pemberitahuan tersebut mengharuskan semua kapal sipil dan personel untuk membersihkan daerah tersebut sebelum jam 3 sore. pada hari Senin (12 Oktober). Corong pemerintah China, Global Times pada hari Minggu (11 Oktober) mengutip "media Taiwan" yang mengatakan bahwa latihan tembak langsung akan diadakan kurang dari 100 km dari pulau terpencil di Taiwan, Kinmen.
(Jz)


Sumber : Taiwan news

No comments

Powered by Blogger.