Ekonomi Taiwan menempati urutan ke-5 dalam potensi inovasi

Ekonomi Taiwan menempati urutan ke-5 dalam potensi inovasi
Taiwan menduduki peringkat kelima terbesar dalam potensi inovasi ekonomi. (Foto Pixabay)

TAIPEI  - Taiwan menduduki peringkat kelima terbesar untuk potensi inovasi ekonomi di dunia, menurut indeks baru yang dirilis oleh Bloomberg Economics.

Dalam peringkat terbaru 135 ekonomi, Bloomberg Economics mempertimbangkan empat faktor: "Pendalaman TI", atau infrastruktur teknologi informasi suatu negara; "modal manusia"; "fluktuasi bisnis"; dan "ukuran kualitas kelembagaan," atau kecenderungan suatu negara untuk berinovasi dan menyerap teknologi yang ada. Taiwan terdaftar di urutan kelima karena potensi keseluruhannya untuk berinovasi, setelah Jepang, AS, Jerman, dan Swiss.

Dalam laporan yang diterbitkan Kamis (15 Oktober), Taiwan menerima skor hampir sempurna masing-masing 2,9 dari 3 poin dalam pendalaman TI dan 1,4, 2,1, dan 1 dalam ukuran kelembagaan, iklim bisnis, dan sumber daya manusia. Di urutan 10 besar adalah Singapura, Denmark, Swedia, Belanda, dan Inggris.


Laporan tersebut menyimpulkan bahwa ekonomi maju memiliki potensi inovasi terbesar, sementara pasar negara berkembang, seperti China, Rusia, dan Brasil, berada di belakangnya. Mengambil tempat ke-31, Cina menerima -0,3 poin dalam ukuran kualitas kelembagaan tetapi 2,1 dalam modal manusia, lapor UDN.(GS)

Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.