Ini Dia Khasiat Legenda Sarang Burung Walet


Sarang burung walet sangat berbeda dengan sarang-sarang burung lainnya. Apabila burung lain membuat sarang dari bahan-bahan yang ditemukan seperti ranting, rumput dan dedaunan, maka hal tersebut tidak berlaku pada burung walet. Sarang burung walet justru terbuat dari air liurnya yang mengeras.

Menariknya, sarang burung walet ini ternyata mengandung banyak khasiat penting bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan, salah satunya adalah Epidermal Growth Factor (EGF) untuk produksi kolagen alami. Hal tersebut mendorong banyak orang untuk secara rutin mengonsumsi sarang burung walet yang telah diolah menjadi minuman maupun sup.

Ingin tahu khasiat sarang burung walet yang cocok dikonsumsi semua usia dari anak-anak, remaja, hingga mereka yang lanjut usia. Berikut ini khasiat legenda dari sarang burung walet dikutip dari berbagai sumber.

1. Mendukung Masa Pertumbuhan Anak-Anak

Sarang burung walet baik untuk masa pertumbuhan anak-anak. Mengkonsumsi sarang burung walet secara teratur akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membangun perlawanan terhadap flu, pilek, dan penyakit yang lebih serius karena kandungan gizi yang tinggi. Untuk anak-anak dengan jadwal sekolah yang padat, sarang burung walet juga dapat membantu mengurangi kelelahan, meningkatkan konsentrasi, dan memperkuat memori serta merangsang pertumbuhan otak.

2. Baik untuk Ibu Hamil dan Perkembangan Otak pada Janin

Selain dapat dikonsumsi oleh anak-anak, sarang burung walet juga bisa dikonsumsi untuk ibu hamil. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh NCBI, khasiat asam sialat yang terdapat pada sarang walet bermanfaat bagi perkembangan otak pada janin ketika di kandungan. Sarang burung walet juga mengandung asam folat yang berguna untuk perkembangan janin dalam kandungan serta dapat mencegah anemia. Selain itu, ada juga kandungan asam amino yang dapat mengurangi kelelahan dan kecemasan pada ibu hamil.

3. Manfaat Sarang Walet untuk Kesehatan


Sarang burung walet mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Kandungan mineral itu diantaranya mangan, tembaga, seng, dan kalsium. Mangan memiliki peran penting untuk membantu pertumbuhan tulang. Sementara tembaga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan jantung. Sedangkan kalsium dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan persendian serta seng dapat mengoptimalkan penyerapan nutrisi dalam usus. 

Manfaat sarang burung walet disebut-sebut juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan sarang burung walet memiliki efek serupa obat penurun kolesterol, seperti simvastatin. Sarang burung walet dapat membantu menurunkan risiko pengentalan darah atau hiperkoagulasi sebagai akibat kolesterol tinggi. Sebab, hiperkoagulasi inilah yang menjadi penyebab umum terjadinya penyakit jantung atau kardiovaskular. 

Selain sumber mineral, tinggi antioksidan dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Sarang burung walet juga memiliki manfaat untuk mencegah resistensi insulin dan meredakan peradangan.

4. Manfaat Sarang Walet untuk Kecantikan

Selain terkenal manfaat sarang burung walet untuk kesehatan tubuh, kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah. 

a. Membantu Proses Peremajaan Kulit

Epidermal Growth factor (EGF) yang terkandung dalam sarang walet dapat merangsang produksi kolagen dalam jumlah tinggi. 

b. Memudarkan Flek dan Kerutan di Wajah

Kandungan sarang burung walet memiliki senyawa yang bisa mengurangi produksi melanin pada kulit serta meningkatkan kadar air di dalam tubuh. Efeknya, kulit akan menjadi lebih lembab dan warna kulit pun akan tampak lebih merata sehingga wajah Realfoodfam akan terbebas dari flek hitam dan kerutan halus.

c. Mengatasi Kulit Kusam

Kandungan enzim dan hormon yang terdapat pada sarang walet berguna untuk memaksimalkan proses regenerasi sel. Selain itu, kandungan lainnya yang ada pada sarang burung walet berupa sialic acid yang dapat melindungi kulit agar terhidrasi dengan baik. Hidrasi kulit yang baik dapat mencegah kerutan yang baik untuk proses peremajaan kulit.




Selain bermanfaat untuk anak-anak, wanita, hingga ibu hamil, sarang burung walet juga berkhasiat untuk pria, seperti:

a. Meningkatkan Gairah Seks

Sarang burung walet dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan libido (gairah seksual kepada lawan jenis), karena kandungan dalam sarang walet berkhasiat untuk merangsang pembentukan hormon testosteron dan estradiol.

b. Membuat Otot Kuat dan Kekar

Hormon testosteron yang terkandung dapat membentuk otot, sehingga cocok dikonsumsi oleh para pria yang ingin punya bentuk tubuh yang atletis.

Setelah mengetahui berbagai manfaat sarang burung walet, kamu jadi punya alasan kuat untuk rutin mengonsumsi olahan sarang burung walet. Salah satu produsen minuman sarang burung walet ternama di Indonesia menghadirkan Bird's Nest Concentrate yang terdiri atas lima varian yakni Stay Fit, Forever Young, Pure Wellness, Royal Wellness, dan Wonder Mom. Masing-masing varian memiliki manfaat yang berbeda-beda.

  • Stay Fit untuk mereka yang menjadikan kesehatan menjadi prioritas utama. Varian ini membantu menjaga sistem imunitas untuk memaksimalkan kegiatan sehari-hari dengan cara mudah.
  • Forever Young merupakan perpaduan sarang burung walet dengan kolagen yang berguna untuk membantu menjaga keelastisan, kekenyalan, dan kelembapan kulit.
  • Pure Wellnes bermanfaat mencegah dan mengurangi diabetes melutus tipe dua dengan cara mencegah resistensi insulin dan bebas gula.
  • Royal Wellness hadir untuk memberikan nutrisi lengkap untuk segala usia. Glikoprotein dan Asam Sialat dalam 99 persen sarang burung walet dapat membantu menyokong sistem imun, mempercepat proses regenerasi sel, menjaga metabolisme tubuh, dan menjaga sistem pencernaan.
  • Wonder Mom bermanfaat bagi kesehatan ibu dan anak. Varian ini ada tambahan asam folat yang bermanfaat untuk mengurangi risiko cacat lahir pada bayi dan penting untuk pertumbuhan sel plasenta.

Minuman sarang burung walet dikemas secara steril kedap udara di dalam botol kaca sehingga membuatnya awet secara alami, tanpa menggunakan tambahan bahan pengawet berbahaya. Botol kaca merupakan kemasan terbaik karena tidak mengandung bahan kimia yang dapat menyerap ke makanan dan minuman sehingga sekaligus dapat menjaga cita rasanya.





Sumber : liputan6.com

No comments

Powered by Blogger.