Jangan Abaikan Gusi Bengkak, Awas Gingivitis



Pernahkah kamu mengalami gangguan pada kesehatan mulut dan gigi, seperti gusi yang mengalami pembengkakan dan mudah berdarah? Jika kamu sudah mengalaminya dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya lakukan pemeriksaan pada dokter gigi untuk mengatasi masalah kesehatan mulut dan gigi yang dialami.

Kondisi tersebut bisa menjadi gangguan pada gusi yaitu radang gusi atau gingivitis. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang alami radang gusi atau gingivitis, salah satunya adalah bakteri yang berkembang pada karang gigi dan mengikis bagian gusi. Jangan abaikan kondisi ini karena menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih parah pada gusi.


Tidak Hanya Gusi Bengkak, Inilah Gejala Lain Gingivitis
Dilansir dari National Health Service UK, gejala yang dialami oleh pengidap gingivitis tidak semuanya langsung menunjukkan gejala yang cukup parah. Ada beberapa tahapan gejala yang akan dialami oleh pengidap gingivitis. Awalnya, gingivitis tidak langsung menunjukkan gejala yang membuat gusi serta gigi menjadi nyeri, gejala awal pada gingivitis merupakan kemerahan dan terjadi pembengkakan pada sekitar gusi.


Gejala awal gingivitis adalah gusi menjadi lebih sensitif dan mudah berdarah saat menggosok gigi. Jika gejala awal tidak segera diatasi, kondisi ini dapat menyebabkan gejala yang lebih parah, seperti bau mulut, nyeri pada area gusi yang alami peradangan, nyeri saat mengunyah makanan, muncul nanah di antara gusi dan juga gigi, gigi yang mudah goyang bahkan lepas.

Segera lakukan pemeriksaan pada dokter gigi jika kamu mengalami beberapa gejala tersebut pada gigi dan gusi. Pemeriksaan dini mencegah gingivitis sebabkan berbagai komplikasi, seperti periodontitis. Ada beberapa faktor yang membuat seseorang berisiko mengalami gingivitis, seperti kurang menjaga kesehatan mulut dan gigi, memasuki usia lanjut, penggunaan gigi palsu yang tidak dijaga kebersihannya, kebiasaan merokok, kekurangan vitamin C, mulut kering, adanya penyakit tertentu, dan menjalani pengobatan kanker.
Sumber : Halodoc

No comments

Powered by Blogger.