Menilisik 3 Pantai di Jawa yang Kental Cerita Mistis Nyi Roro Kidul

https: img.okezone.com content 2020 10 03 408 2287782 menilisik-3-pantai-di-jawa-yang-kental-cerita-mistis-nyi-roro-kidul-FqLhzh2YNV.jpg

PERCAYA atau tidak, ada sejumlah pantai di Indonesia memang identik dengan hal-hal berbau mistis. Terutama pantai-pantai di Pulau Jawa.

Nah, salah satu kisah mistis yang berasal dari Pulau Jawa, dan masih dipercaya sebagian orang sampai sekarang adalah cerita Ratu Pantai Selatan Nyi Roro Kidul. Ratu yang diyakini cantik jelita ini pun dipercaya sebagian masyarakat menguasai pesisir selatan Pulau Jawa.

Jadi jangan heran bila banyak pantai di pesisir selatan yang sering dikaitkan dengan legenda Nyi Roro Kidul. Apalagi pantai selatan dikenal memiliki ombak yang ganas dan tak jarang memakan korban jiwa dari pengunjung yang berwisata ke pantai tersebut.

Berikut ini rangkumkan 3 pantai di Pulau Jawa yang sering dikaitkan dengan Nyi Roro Kidul.

Pantai Parangkusumo

Dari sekian banyaknya pantai yang terletak di pesisir selatan Yogyakarta, Pantai Parangkusumo yang dianggap paling angker. Pantai yang terkenal dengan gumuk pasirnya ini dipercaya oleh banyak orang sebagai salah satu pintu gerbang menuju keraton Nyi Roro Kidul.

ilustrasi

Karena itu, pengunjung disarankan tidak memakai pakaian berwarna hijau jika berkunjung ke Pantai Parangkusumo. Sebab, banyak yang percaya jika ada yang memakai pakaian hijau maka dapat menjadi korban laut selatan.

Pantai Parangkusumo terletak di Kabupaten Bantul. Anda bisa menjangkaunya dengan berkendara sekira 1 jam dari pusat Kota Yogyakarta.

Pantai Pelabuhan Ratu

Tak terhitung banyaknya korban jiwa yang terbawa ganasnya ombak di Pantai Pelabuhan Ratu. Banyak orang mengaitkannya dengan Nyi Roro Kidul. Meski demikian, pantai yang terletak di Sukabumi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama pada akhir pekan dan hari libur.