MOU Taiwan-AS akan memungkinkan lebih banyak kontak langsung dengan Asia Tenggara

Perjanjian akan memungkinkan delegasi bersama untuk mengunjungi negara-negara Kebijakan New Southbound

Direktur AIT Brent Christensen (kedua dari kanan) dan Menteri Luar Negeri Joseph Wu (kanan pertama) pada konferensi pers MOU pada 30 September  (foto CNA)

TAIPEI - Sebuah nota kesepahaman (MOU) baru-baru ini antara Taiwan dan Amerika Serikat akan memungkinkan Taiwan untuk mengatasi masalahnya karena tidak memiliki sekutu diplomatik di Asia Tenggara, laporan mengatakan Selasa (13 Oktober).

Kedua negara dilaporkan menandatangani perjanjian pada 17 September untuk bekerja sama dalam pembangunan infrastruktur di Amerika Latin dan Asia Tenggara.Namun, karena Taiwan tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan negara mana pun di kawasan terakhir, sulit untuk mengirim pejabat senior pemerintah kunjungan untuk membahas proyek kerjasama konkret, kata Liberty Times .

Bekerja sama dengan AS, perjanjian baru memungkinkan Taiwan untuk membentuk delegasi bersama dengan pejabat Amerika untuk melakukan perjalanan ke negara-negara Kebijakan New Southbound, menurut seorang pejabat senior Kabinet yang tidak disebutkan namanya yang diwawancarai oleh Liberty Times.


Karena Washington tidak takut membuat marah China, para delegasi akan membentuk saluran untuk negosiasi antara Taiwan dan 18 negara yang terdaftar di bawah Kebijakan New Southbound. Hingga saat ini, pemerintah-pemerintah tersebut ingin menjaga kontak dengan Taipei secara low profile untuk menghindari menarik perhatian dari Beijing.
(GN)


Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.