Pengasuh yang tertangkap dalam video yang diduga melakukan pelecehan terhadap wanita tua di New Taipei

Video pengasuh yang diduga melakukan penganiayaan terhadap orang tua di kursi roda memicu kemarahan

Pekerja migran diduga melakukan pelecehan terhadap klien Taiwannya. (Screengrab video Facebook)

TAIPEI - Sebuah video pengasuh migran yang diduga melakukan pelecehan terhadap seorang wanita tua di kursi roda memicu kemarahan publik setelah diunggah di Facebook pada Selasa sore (29 September).

Video, yang dibagikan di grup Facebook "LinKou-Family" oleh seorang netizen bernama Anita Keh, menunjukkan pengasuh yang tampak mencubit paha orang Taiwannya dan menjambak rambutnya di Taman Xinglinkou di Distrik Linkou, New Taipei. Yeh mengatakan pekerja itu telah berulang kali mengutuk wanita tua itu dan menyuruhnya "mati."

Yeh berkata bahwa dia telah mendengar wanita tua itu meminta untuk pergi ke kamar mandi tetapi dia malah menerima perlakuan kasar. Yeh berharap keluarga wanita itu bisa melihat video itu dan melaporkan kejadian itu ke polisi.

Sejak diposting, video tersebut telah dibagikan 1.600 kali dan menarik lebih dari 500 komentar yang menuntut agar pengasuhnya dimintai pertanggungjawaban. Sejumlah warganet mengatakan mereka sedih dan geram dengan penganiayaan tersebut, bahkan ada yang mendesak pemerintah untuk mendeportasi pekerja migran secepat mungkin.

Anggota Dewan Kota New Taipei Tsai Shu-chun (蔡淑君) mengatakan dia menghubungi polisi setempat segera setelah menemukan video tersebut. Seorang netizen yang mengaku sebagai kerabat wanita Taiwan mengatakan insiden itu telah menjadi perhatian keluarga tetapi karyawan tersebut menolak untuk mengakui tuduhan apa pun, lapor ETtoday.


Menurut UDN, anak laki-laki dari perempuan Taiwan itu mengatakan bahwa keluarga tidak akan mengajukan tuntutan apapun terhadap pengasuh tersebut karena dia baru mulai bekerja untuk mereka bulan lalu. Dia mengatakan dia masih menyesuaikan diri dan dia mencurigai insiden itu sebagai kasus kesalahpahaman.

Terlepas dari keputusan keluarga untuk tidak melanjutkan masalah ini melalui jalur hukum, Departemen Tenaga Kerja New Taipei mengatakan akan terus menyelidiki kasus tersebut. Mereka juga mendesak pemberi kerja Taiwan untuk mencari bantuan dari otoritas lokal jika mereka melihat perilaku yang tidak pantas dari pengasuh mereka. (Jz)


Sumber : taiwan news

No comments

Powered by Blogger.