Pepohonan dan rumah terjalin di Changhua Taiwan

Dua pohon centenarian telah tumbuh bersama lingkungan mereka

(Foto CNA)

TAIPEI - Dua pohon yang tumbuh di antara rumah-rumah di Kabupaten Changhua memiliki cerita yang menghangatkan hati dan menjadi pemandangan yang luar biasa.

Dalam salah satu kasus, rumah kota berdampingan dengan pohon beringin berusia seabad di Kota Changhua. Pemiliknya, seorang wanita berusia 92 tahun bermarga Huang (黃), mengatakan bahwa rumah itu dibangun oleh mendiang suaminya, bernama Shih (施), lebih dari 40 tahun yang lalu, CNA melaporkan.

Meskipun beberapa orang merekomendasikan untuk menebang pohon pada saat itu, Shih enggan dan membangun rumah untuk menampung pertumbuhannya di masa depan.

Pohon beringin terus tumbuh dewasa. Seiring waktu, batang dan dahannya menembus langit-langit lantai pertama, tumbuh menjadi kamar mandi di lantai dua, dan menonjol melalui jendela untuk mencapai lantai tiga.

Huang berkata bahwa keluarganya sudah terbiasa dengan perusahaan pohon tua itu. Dia mengatakan suaminya dulu berbicara dengannya dan sekarang membantunya mengingatnya.


Di Kotapraja Ershui, pohon mangga tumbuh di celah antara dua rumah kota berlantai empat, menjulang lebih tinggi dari kedua tempat tinggal. Pohon itu telah ada selama lebih dari 100 tahun, menurut penduduk setempat.

Saat masih muda, hanya bisa ditemukan rumah satu lantai di kawasan itu. Ketika tempat tinggal yang lebih tua dirobohkan untuk memberi ruang bagi townhouse yang lebih baru, pemilik rumah setuju untuk melestarikan pohon itu.

Setiap bulan April dan Mei, penduduk setempat datang membantu memangkas pohon mangga raksasa dan memetik buahnya untuk dimakan atau dijadikan acar. Bagi warga sekitar, tak hanya indah tapi juga bagian dari keseharian dan memori.

(Foto CNA)
(Jz)


Sumber : taiwan news

No comments

Powered by Blogger.