Pesawat perang Tiongkok memasuki ADIZ Taiwan pada Festival Pertengahan Musim Gugur

Serangan kesembilan dalam dua minggu terakhir

Pesawat anti-kapal selam Y-8 Tiongkok (foto CNA)

TAIPEI - Sebuah pesawat anti-kapal selam Y-8 Tiongkok memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Taiwan pada Kamis (1 Oktober), hari yang diperingati sebagai Festival Pertengahan Musim Gugur, yang tahun ini juga bertepatan dengan Hari Nasional Tiongkok. .

Serangan terbaru terjadi di sektor barat daya ADIZ, lebih dekat ke pulau-pulau Dongsha yang disengketakan daripada ke pulau utama Taiwan, kata Angkatan Udara. Seperti pada kesempatan sebelumnya, militer mengacak jet dan menyiarkan peringatan untuk meninggalkan ADIZ, CNA melaporkan.

Sebanyak sembilan insiden serupa terjadi dalam dua minggu terakhir, dengan pesawat anti-kapal selam dan jet tempur menjadi pelanggar paling sering. Sementara itu, China juga membuat marah Taiwan dengan mengklaim garis pemisah kedua sisi di tengah Selat Taiwan tidak ada.


Frekuensi serangan mencapai puncaknya pada bulan September ketika 37 insiden tercatat dalam waktu 48 jam selama kunjungan Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Keith Krach ke Taiwan.
(Jz)


Sumber : taiwan news

No comments

Powered by Blogger.