Pesona Wisata Alahan Panjang Solok Mirip di Swiss

https: img.okezone.com content 2020 10 06 408 2289104 pesona-wisata-alahan-panjang-solok-mirip-di-swiss-73KV978PXM.jpg

KALAU biasanya menikmati suasana negara lain di Indonesia hanya dengan replika semata, kini bisa menikmatinya secara nyata. Di Solok, Sumatera Barat, ada salah satu objek wisata alam berpemandangan indah seperti di Swiss, Eropa.

Tepat di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, terdapat sebuah nagari atau wilayah administrasi mirip Swiss. Karena itu, wisatawan tak perlu lagi jauh-jauh dan membayar ongkos yang mahal untuk berkunjung ke Eropa.

Lokasi tersebut bernama Alahan Panjang, digadang-gadang oleh warga setempat sebagai “Nagari dingin tanpa salju”. Letaknya berada di lereng timur Taman Nasional Kerinci Seblat.

Untuk menuju ke Alahan Panjang, memerlukan jarak tempuh kurang lebih 65 kilometer dari Kota Padang. Menjadi titik terdingin di Provinsi Sumatera Barat, Alahan Panjang memiliki suhu mencapai 10-15 derajat celcius.

solok

 

Sebagai Eropanya Indonesia, wilayah ini berdiri di atas ketinggian 1.400-1.600 meter di atas permukaan laut. Suhu dingin dengan pancaran cahaya matahari serta hamparan luasnya lukisan alam menciptakan rasa nyaman dan tenang saat berada di sana.

“Sepanjang mata memandang itu kaya di Swiss lagi spring-summer. Bener-bener bagus dan tenang banget. Dan ada rumah-rumah, villa di danau ini bikin suasana jadi makin Eropa. Pohon-pohonnya juga mirip di Eropa,” ungkap pria berusia 28 tahun, Kevin Hendrawan dalam Channel YouTube dengan #EkspedisiSegaris. 

Alahan Panjang yang dahulu menjadi benteng pertahanan pahlawan Indonesia, Tuanku Imam Bonjol pada tahun 1772–1864 ini, kini memiliki keindahan alam yang beragam. Mulai dari Danau Kembar hingga Bukit Cambai.

“Kalau kita naik (Bukit Cambai) keliatan tiga danau. Di depan itu ada Gunung Talang,” tutur seorang warga lokal, Dedi yang mengenakan sarung sebagai penghalang dingin atau biasa dikenal dengan Pria Perkasa.

solok

Karena didominasi dengan kekayaan hamparan alam, penduduk sekitar memanfaatkannya sebagai mata pencaharian mereka. Hampir mayoritas yang bergantung hidup hanya dengan bertani/bercocok tanam. Sebab Alahan Panjang sendiri kaya akan penghasilan tanaman hortikultura yang bernilai ekonomis tinggi.

Selain itu juga terdapat perkebunan teh yang memiliki cita rasa seperti aroma melati. Alahan Panjang cocok bagi yang ingin melepas penat, healing, dan semacamnya dari hiruk pikuknya Kota Metropolitan.

 

 

Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.