Siput Bisa Tidur Selama 3 Tahun, Ini Penyebabnya


SIPUT dikenal sebagai hewan kecil yang memiliki pergerakan lambat. Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa hewan yang satu ini punya gaya hidup unik. Siput bersifat hermafrodit yang artinya memiliki organ reproduksi ganda jantan dan betina.

Mereka tidak memiliki indera pendengaran, dan garam berpotensi racun bagi mereka. Namun salah satu aspek yang paling menarik dari gastropoda ini adalah bagaimana mereka tidur. Tahukah Anda berapa lama seekor siput menghabiskan waktu untuk tidur?


Dikutip dari Arizonapetvet, Selasa (13/10/2020), siput darat tertentu dapat tidur hingga 3 tahun dalam hibernasi atau estivasi. Ada faktor penyebab mengapa seekor siput tidur dalam waktu yang sangat lama. Siput membutuhkan kelembapan untuk bertahan hidup. Jadi jika cuaca tidak mendukung, mereka bisa tidur hingga 3 tahun lamanya.


Hal ini bergantung pada keadaan geografi. Siput dapat beralih ke hibernasi (pada musim dingin) atau estivasi (dikenal dengan istilah tidur musim panas). Ketika itu siput akan mengeluarkan lendir ke seluruh tubuh untuk melindungi diri dari cuaca yang panas dan kering. Meski demikian, siput tidak selalu menghabiskan waktu tidur selama 3 tahun.

Tak seperti manusia, siput tidur tidak tergantung siang atau malam. Umumnya siput akan tidur nyenyak selama 13 sampai 15 jam. Setelah itu, mereka akan mengalami sentakan energi yang tiba-tiba selama 30 jam berikutnya.

Sumber :

No comments

Powered by Blogger.