Taiwan, AS mencari waktu ideal untuk pembicaraan perdagangan: MOFA

Kementerian Luar Negeri menunggu waktu yang tepat untuk terlibat dalam dialog ekonomi dengan AS

Menteri Luar Negeri Joseph Wu (kiri) berfoto selfie dengan Wakil Menteri Luar Negeri 
Keith Krach di luar Taipei Guest House. (Foto MOFA)

TAIPEI - Kementerian Luar Negeri (MOFA) menyatakan pada konferensi pers Kamis (15 Oktober) bahwa meskipun Taiwan dan Amerika Serikat menanti untuk terlibat dalam dialog ekonomi, acara-acara besar seperti pemilihan presiden Amerika telah mempersulit penyelesaian jadwal untuk pembicaraan semacam itu.

Douglas Yu-Tien Hsu (徐佑典), kepala departemen urusan Amerika Utara MOFA, mengatakan bahwa pemerintah terus menjaga kontak dengan pemerintahan Trump dan melacak perkembangan di AS. Hsu mengatakan dia sadar bahwa Wakil Menteri Luar Negeri Keith Krach percaya Kunjungan ke Taiwan membuahkan hasil, tetapi pemilihan umum AS dan pertemuan pejabat tingkat tinggi membuat kedua belah pihak sulit untuk memutuskan waktu yang tepat untuk bertemu, CNA melaporkan.


Hsu menekankan bahwa meskipun demikian, Taiwan dan AS berharap untuk terlibat dalam dialog ekonomi, dan kedua negara berharap dapat mencapai kesepakatan secepat mungkin. Ia menambahkan, dialog ekonomi akan dipimpin oleh Departemen Luar Negeri AS dan pertemuan bilateral akan berbeda dengan pembicaraan perdagangan yang sebelumnya dilakukan oleh Kantor Perwakilan Dagang Amerika Serikat (USTR).

Krach memimpin delegasi dalam perjalanan angin puyuh ke Taiwan pada 17 September untuk membuat persiapan bagi pembicaraan ekonomi bilateral di masa depan. (GS)

Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.