Taiwan menarik diri dari pameran pariwisata internasional setelah campur tangan Tiongkok

Otoritas Tiongkok secara sewenang-wenang mengubah nama Biro Pariwisata Taiwan, mendorong Taiwan untuk mundur dari acara tersebut

PATA Tionghoa Taipei di acara PATA Gold Awards 2019. (Situs web PATA Chinese Taipei)

TAIPEI - Biro Pariwisata Taiwan mengonfirmasi Kamis (8 Oktober) bahwa negara itu telah menarik diri dari pameran Travel Mart Asosiasi Perjalanan Asia Pasifik (PATA) tahun ini karena campur tangan Tiongkok.

Chou Ting-chang (周廷彰), wakil direktur Biro Pariwisata, menyatakan bahwa sejak PATA disponsori tahun ini oleh Biro Kebudayaan, Radio, Televisi dan Pariwisata Kota Leshan di Sichuan, Cina, nama Taiwan diubah menjadi “Selat Taiwan Tourism Association ”- tanpa izin atau pemberitahuan sebelumnya. Chou menyatakan bahwa biro tersebut tidak menerima perubahan nama tersebut dan memprotes beberapa kali, dengan direktur biro Chang Hsi-tsung (張錫聰) menulis surat kepada sponsor China tersebut.

Huang Shifang (黃 勢 芳), kepala sektor internasional Biro Pariwisata, mengatakan bahwa Taiwan biasanya berpartisipasi dalam pameran tahunan dengan nama "Biro Pariwisata Taiwan". Huang mengatakan bahwa setelah direktur Zhang menulis surat protes, PATA menginformasikan alasan utama perubahan penunjukan itu karena China.

Organisasi tersebut juga menulis surat permintaan maaf yang menyatakan bahwa mereka akan berusaha untuk mengizinkan Taiwan berpartisipasi dalam pameran di bawah nama Biro Pariwisata Taiwan, CNA melaporkan. Namun, nama tersebut tidak pernah diubah kembali, membuat negara tersebut mundur dari acara tersebut.

"Kehilangan adalah satu kesempatan yang kurang (bagi Taiwan) untuk tampil di panggung internasional," kata Huang, seraya menambahkan martabat negara tidak bisa dikorbankan. Karena pandemi virus korona Wuhan, acara tersebut diadakan sebagai pameran virtual dari 23-27 September.


PATA adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat internasional yang didirikan pada tahun 1951 yang mempromosikan pariwisata di kawasan Asia-Pasifik. Taiwan adalah salah satu anggota pendiri asosiasi.
(Jz)


Sumber : Taiwan news

No comments

Powered by Blogger.